Kaltim

DPRD Kaltim Terima Kunjungan DPRD Kutim Bahas Raperda Pengarusutamaan Gender

DPRD Kaltim Terima Kunjungan DPRD Kutim (Istimewa)

Editorialkaltim.com – DPRD Provinsi Kalimantan Timur menyambut kunjungan kerja dari Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur yang tergabung dalam Panitia Khusus (Pansus) Raperda Pengarusutamaan Gender. Pertemuan ini berlangsung di Ruang Rapat Gedung D Lantai 3 Kantor DPRD Kaltim, di mana kedua belah pihak berdiskusi dan bertukar pandangan terkait rancangan peraturan daerah ini.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yaqub, dalam pertemuan itu mengatakan, “Pengarustamaan gender merupakan bagian esensial dari strategi pembangunan nasional dan daerah. Ini bukan hanya isu nasional atau provinsi, tapi juga sangat penting di tingkat kabupaten/kota.” Rusman menekankan pentingnya peran kabupaten/kota dalam penerapan pengarusutamaan gender yang lebih rinci dan teknis.

Baca  Bupati Paser Lakukan Evaluasi Program Pembangunan di Long Ikis

Dalam wawancara, Rusman Yaqub menyampaikan, “PUG bukan hanya mengakomodir urusan perempuan saja. Harus ada kesetaraan dalam perencanaan pembangunan di setiap OPD tanpa diskriminasi gender.” Rusman juga mendorong agar Perda PUG mencakup keseluruhan aspek pembangunan, memastikan tidak ada diskriminasi berbasis gender.

Ketua Pansus Raperda Pengarustamaan Gender DPRD Kutim, Muhammad Amin, menyatakan keinginan agar Perda yang sedang disusun dapat segera disahkan. “Kami ingin memastikan kesetaraan gender di lingkungan ketenagakerjaan di Kutai Timur, khususnya dalam industri usaha termasuk tambang batu bara, di mana saat ini masih terjadi ketidaksetaraan dalam rekrutmen antara perempuan dan laki-laki,” ujar Muhammad Amin.

Baca  Kaltim di Posisi ke-11 Klasemen Sementara Medali PON XXI Aceh-Sumut 2024

Pertemuan ini diharapkan dapat memberikan masukan dan saran yang berharga untuk penyusunan Raperda Pengarusutamaan Gender di Kutai Timur. Acara ditutup dengan penyerahan plakat dari DPRD Kaltim kepada DPRD Kutim sebagai simbol kerjasama dan dukungan dalam pengarusutamaan gender. (lin/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button