Internasional

Viral! Pertama Kali Terjadi, Pegunungan Mekkah Menghijau

Padang pasir di wilayah Arab Saudi yang kini ditumbuhi rumput dan pepohonan hijau. (net).

Editorialkaltim.com – Pengguna media sosial dikejutkan dengan video viral yang menunjukkan bentang alam wilayah Arab Saudi menghijau. Diketahui, fenomena ini baru pertama kali dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Wilayah Arab Saudi terkenal dengan gurun dan pegunungan gersangnya. Tentu saja, fenomena alam unik ini kembali menarik perhatian warganet. 

Mengutip The Islamic Information, yang dilansir Arabia Weather pada Minggu (7/1/2023), citra satelit Terra yang dikeluarkan oleh American Space Agency (NASA) menangkap pemandangan hijau di beberapa daerah di Arab Saudi. Vegetasi hijau muncul di daerah kering yang didominasi oleh gurun, seperti kota Makkah, Jeddah dan Madinah.

Baca  Laporan PBB: Krisis Gaza Memuncak, 50 Ribu Anak Terancam Kelaparan Akut

Diketahui, selama beberapa hari terakhir, aktivitas curah hujan tinggi tercatat di Arab Saudi sejak Desember 2022.

Pemandangan hijau di wilayah Arab Saudi yang di tangkap citra satelit Terra yang dikeluarkan oleh American Space Agency (NASA). (foto: twitter @ArabiaWeatherSA)

Beberapa bagian Riyadh telah mengalami curah hujan (hujan, hujan es, dan salju akibat kondensasi uap air) dengan laju yang hampir konstan untuk periode yang lebih lama daripada tahun-tahun sebelumnya pada sudut yang tidak biasa melintasi Mesir dan utara.

Baca  Tradisi Unik Iduladha di Berbagai Negara, Hewan Qurban Dihiasi Bunga

Situasi tersebut mengakibatkan ketidakstabilan atmosfer yang berulang di Arab Saudi barat dan hujan lebat yang terus menerus dan tidak biasa menyebabkan daerah gurun di Makkah dan Madinah mulai berubah menjadi hijau.

Di tengah fenomena ini, banyak pengguna internet mengaku ketakutan dengan pemandangan hijau di wilayah Saudi. Bahkan, mengaitkannya dengan hadis tentang akhir dunia seperti diriwayatkan Rasulullah SAW.

Baca  Biden Kecam ICC atas Surat Penangkapan Netanyahu: AS Selalu Bersama Israel

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button