EditorialKaltim

Perdana di 2023, Masykur Sarmian Gelar Sosialisasi Kebangsaan untuk Masyarakat Sungai Kunjang

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Masykur Sarmian. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Di awal 2023, sosialisasi wawasan kebangsaan kembali digelar oleh Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Masykur Sarmian. Kegiatan edukatif ini dilaksanakan Masykur untuk masyarakat Sungai Kunjang.

Kegiatan yang digelar pada Minggu, (22/1/2023) di Jl Ir. Sutami Gang KBB RT 008 Karang Asam Ulu Sungai Kunjang Samarinda, turut mengahdirkan dosen Universitas Muhammdiyah Kalimantan Timur (UMKT), Dedy Pratama dan Fitroh Asriyadi.

Dalam sosialisasi tersebut Masykur menjelaskan,  Pancasila harus menjadi landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal inilah yang mendasari DPRD Kaltim mengagendakan sosialisasi kebangsaan sebagai kegiatan rutin.

Baca  Raperda Penanggulangan Banjir Bontang Kembali Dibahas, Amir Tosina Ungkap Rencana Pembangunan Tiga Polder

“Selain itu, untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap bangsa dan negara, pemahaman tentang Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sangat penting,” jelas Masykur.

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Masykur Sarmian bersama masyarakat Sungai Kunjang saat melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan, pada Minggu (21/1/2023).

Memaknai Pancasila sebagai ideologi negara, dia memaparkan bahwa segala aspek etika/moral, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan tidak boleh lepas dari setiap butir dan nilai-nilai yang termaktub dalam Pancasila.

Baca  Penjabat Gubernur Kaltim Tinjau Rencana Pembangunan Bendungan untuk Sektor Pertanian

“Sebagia contoh, sila Ketuhanan yang Maha Esa. Pada prinsipnya menegaskan bawah bangsa Indonesia adalah bangsa yang ber-Tuhan dan menolak segala paham anti Tuhan. Begitu juga pada sila ke-5, menegaskan bahwa negara ini bersungguh-sungguh memajukan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia baik lahir maupun batin,” terangnya.

Ditengah degradasi moral akan pemahaman liberal yang kian marak, Masykur juga berpesan agar masyarakat sungai Kunjang khusunya, menjaga kesatuan dan gotong royong antar sesama.

Baca  Pj Gubernur Kaltim dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Bahas Pembangunan Pendidikan di Zona IKN

“Kita memang berbeda suku, ras, dan agama. Tapi kita tetap satu, yaitu Indonesia” ujar Masykur.

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button