Kaltim

Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Timur Gelar Seminar Wirausaha Muda

Seminar Wirausaha Muda Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Timur. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Membangun jiwa wirausaha muda menuju pemuda Kalimantan Timur yang berdaulat menjadi tema besar dalam seminar yang digelar dalam rangka musyawarah wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Timur pekan kemarin, Sabtu (20/5/2023).

Kegiatan seminar diikuti 200 peserta didukung sepenuhnya oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur menghadirkan dua narasumber yaitu Machnun Uzni, Owner Sang Surya Wisata dan Kahar Muzakir Pemuda Pelopor Kaltim 2022. 

Kepala Bidang Pembinaan Pemuda Dispora Kalimantan Timur Rasman, SE., M.Si saat membuka acara mengatakan, “Dalam semangat menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) maka Pemuda dituntut mempunyai kemandirian ekonomi agar tidak menjadi penonton di rumah sendiri.”

Baca  ASN ke IKN Dipangkas Jadi 6.000 Orang Setelah Agustus, Menpan RB: Tempat Belum Rampung

Siap atau tidak siap dengan keberadaan IKN kedepannya akan menjadikan putaran ekonomi berubah terutama di Kabupaten Penajam Paser Utara. Demikian pula kabupaten lain akan menjadi penyangga aktivitas ibukota yang secara otomatis menuntut kesiapan kemandirian para pemuda, lanjut Rasman.

Dinas Pemuda dan Olahraga  menargetkan 10.000 Pemuda yang dibekali dengan jiwa wirausaha dengan mengadakan seminar wirausaha yang menyasar pada remaja pemuda usia 18-30 tahun di 10 kabupaten kota se-Kalimantan Timur.

Baca  Ancam Warga Muhammadiyah, PWPM Kaltim Laporkan Peneliti BRIN ke Polda

Diharapkan adanya seminar kewirausahaan akan melahirkan pemuda yang memiliki kemampuan dalam mengenali dan mengelola diri, serta mengidentifikasi berbagai peluang dan mengelola sumber daya di sekitarnya secara kreatif untuk menciptakan nilai tambah bagi diri dan lingkungannya secara berkelanjutan.

Kahar Muzakir narasumber pertama menggugah para peserta dengan sharing pengalaman mengawali menjalankan usaha di Bontang. Motivasi mengapa harus menjadi pengusaha menjadi pertanyaan menggelitik yang diajukan kepada peserta.

Penghasilan tanpa batas,  tidak terikat waktu, kerja sesuai keinginan, kebebasan waktu, dapat lebih banyak mengurus keluarga menjadi sekian diantara banyak jawaban atas pertanyaan mengapa ingin jadi pengusaha.

Baca  Kepemimpinan Efektif di Era Baru, Sekda Kaltim Tekankan Pemberdayaan Staf

Tidak adanya kompetensi, tidak punya modal, takut rugi menjadi bagian momok dari jawaban mengapa tidak segera memulai usaha. 

Sementara itu Machnun Uzni menyampaikan materi hal praktis memaksimalkan potensi diri untuk memulai usaha dan bagaimana menata diri menghadapi tantangan persaingan usaha.

[ADS | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button