Kukar

Pemkab Kukar Siap Dorong Jahe Jonggon Jadi Komoditas Unggulan Daerah

Ilustrasi Jahe. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Pengembangan jahe di daerah Jonggon Jaya dan Margahayu, Kecamatan Loa Kulu siap didorong menjadi komoditas unggulan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Salah satu langkahnya adalah dibangunnya Rumah Produksi Bersama (RPB) dari pemerintah pusat. Untuk menunjangnya, Pemkab Kukar telah persiapkan lahan pertanian seluas 10 hektare untuk pengembangan komoditas jahe di Jonggon.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar, Sutikno melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura TPH, Sugiono. Dirinya mengatakan penyediaan lahan ini merupakan dorongan Pemkab Kukar membantu petani Jonggon dalam pengembangan jahe. Yang dimulai dari pengadaan lahan untuk pengembangan bahan baku jahe pra produksi.

Baca  Festival Cenil Tingkatkan Kreativitas dan Ekonomi Desa Kota Bangun III

“Rumah produksi itu pasti memerlukan tanaman Biofarmaka, tentunya kami harus memperhatikan bahan bakunya. Oleh karena itu, tahun ini kita alokasikan lahan seluas 10 hektar untuk pengembangannya,” ungkap Sugiono.

Komoditas jahe di Jonggon sudah terkenal sejak lama. Karena memiliki banyak produk turunan, makaproduksi jahe terus meningkat. Sugiono menyebut pihaknya akan lakukan koordinasi bersama DiskopUKM dan kelompok tani. Berkaitan dengan berapa banyak permintaan lahan yang diperlukan. Untuk pengembangan jahe gajah dan jahe merah.

Baca  Tingkatkan Kualitas Data Statistik Daerah, Pemkab Gelar Sosialisasi Walidata OPD

“Jadi lahan 10 hektare itu akan disesuaikan permintaan petani untuk penyediaan. Penanaman dilakukan secara gilir. Sehingga rantai produksi tidak putus. Karena masa panen jahe memerlukan waktu hingga delapan bulan,” jelasnya.

Sugiono mengatakan pengembangan jahe juga direncanakan berlanjut ke kecamatan lain yang memiliki potensi tinggi di komoditas jahe. Sejalan dengan pembuatan jahe sebagai produk unggulan Kukar. Untuk itu dia berharap lahan pertanian di Jonggon aman dari aktivitas lain.

Baca  Upaya Peningkatan Kualitas Pengelolaan SAKIP di Diskominfo Kutai Kartanegara Melalui Bimbingan

“Kita harus mantapkan dulu petani itu agar pengembangan jahe ini berjalan dengan baik,” tegasnya. 

[ELM | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button