Samarinda

Dewan Samarinda Tekankan Pentingnya Pemutakhiran Data PBB untuk Dongkrak PAD

Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahronny Pasie. (foto: dprd.samarinda)

Editorialkaltim.com– Demi memastikan bahwa informasi tentang kepemilikan tanah dan bangunan akurat dan terkini, Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahronny Pasie mendorong pemerintah melakukan pemutakhiran data objek pajak bumi dan bangunan (PBB).

“Bapenda sendiri akan melakukan pemutakhiran data yang akan melibatkan sampai ke tingkat RT nantinya akan ada pembaruan data,” ujar Novan.

Baca  Marak Kekeliruan, Komisi I Imbau KPU Lakukan Penguatan di KPPS

Pemutakhiran data objek PBB sangat penting untuk menjaga keadilan, akurasi, dan efisiensi dalam sistem pemungutan pajak. Novan menyebut, selain pembaruan data juga harus ada pembaruan tentang perubahan status bangunan dan peningkatan bangunan.

“Klasifikasi-klasifikasi ini yang akan dilakukan oleh Bapenda agar bisa memaksimalkan potensi pendapatan pajak dari sektor PBB,” sebutnya.

PBB adalah salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang signifikan. Dia mengungkapkan, pada 2022 pendapatan dari sektor PBB mencapai kurang lebih Rp86 miliar.

Baca  Sambut IKN, Dewan Samarinda Dorong Pemerintah Tingkatkan Kualitas SDM

Novan berharap, Pemkot dapat segera melakukan pemutakhiran data tersebut.

“Maka dari itu, PBB masih dapat ditingkatkan dan mampu menambah pendapatan PAD,” ungkapnya.

[NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button