Olahraga

City Hajar Arsenal 4-1, De Bruyne dan Haaland Cetak Rekor

Kevin De Bruyne menjadi bintang kemenangan Manchester City atas Arsenal dengan mencetak dua gol dan memberikan satu assist. (foto: reuters).

Editorialkaltim.com – Manchester City semakin dekat dengan gelar juara Liga Inggris setelah menghancurkan Arsenal 4-1 di Stadion Etihad.

Kevin De Bruyne menjadi bintang lapangan dengan mencetak dua gol dan memberikan satu assist. Erling Haaland juga ikut berkontribusi dengan satu gol dan dua assist, sebagaimana dilansir dari laman premierleague.com, Kamis (28/05/2023)

City membuka keunggulan di menit ketujuh melalui De Bruyne yang memanfaatkan umpan terobosan dari Haaland. Gol ini merupakan gol pertama De Bruyne sejak 8 November lalu. City terus menekan pertahanan Arsenal yang kewalahan menghadapi pergerakan De Bruyne, Jack Grealish, dan Bernardo Silva.

Arsenal beruntung masih bisa bertahan hingga babak pertama berakhir dengan skor 1-0. Kiper Aaron Ramsdale menjadi pahlawan dengan membuat beberapa penyelamatan gemilang, termasuk tiga kali menggagalkan Haaland yang haus gol.

Namun, City akhirnya menambah gol kedua mereka di masa injury time babak pertama. John Stones berhasil menyundul bola ke gawang Arsenal setelah menerima umpan silang dari De Bruyne. Gol ini sempat dianulir karena offside, tapi VAR memutuskan bahwa Stones masih onside karena ada kaki Ben White yang lebih maju.

Baca  FIFA Tunjuk Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Di babak kedua, City tidak mengendurkan serangan mereka dan segera mencetak gol ketiga di menit 54. Haaland kembali menjadi pemberi assist untuk De Bruyne yang melepaskan tembakan mendatar ke pojok gawang Arsenal. Gol ini membuat De Bruyne mencatatkan torehan 10 gol dan 10 assist di Liga Inggris musim ini.

Arsenal hanya bisa mencoba memperkecil ketertinggalan mereka dengan beberapa serangan balik. Mereka akhirnya mendapat gol hiburan di menit 86 melalui Rob Holding yang melesakkan bola ke sudut atas gawang City.

Namun, City masih punya waktu untuk menambah penderitaan Arsenal dengan gol keempat mereka di masa injury time. Haaland berhasil memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu musim Liga Inggris dengan mencetak gol ke-34 nya setelah menerima umpan dari Grealish.

Fakta Menarik Seputar Laga

  • Kevin De Bruyne menjadi pemain pertama yang mencetak 10 gol dan 10 assist di Liga Inggris musim ini. Pemain asal Belgia itu mencetak dua gol dan memberikan satu assist untuk City. Dia juga menjadi pemain terbaik di lapangan dengan rating 9,5 dari WhoScored.
  • Erling Haaland memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu musim Liga Inggris dengan mencetak gol ke-34 nya di masa injury time. Pemain asal Norwegia itu mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Mohamed Salah (32 gol) dan Alan Shearer (31 gol). Haaland juga memberikan dua assist untuk City.
  • Manchester City memperpanjang rekor kemenangan beruntun mereka atas Arsenal menjadi delapan kali di semua kompetisi. Ini adalah rekor terburuk Arsenal dalam sejarah mereka melawan satu tim. City juga mencetak 22 gol dan hanya kebobolan empat gol dalam delapan pertemuan terakhir mereka dengan Arsenal.
  • Arsenal mengalami kekalahan terbesar mereka di Liga Inggris musim ini. Mereka juga kebobolan empat gol dalam satu pertandingan untuk pertama kalinya sejak kalah 4-0 dari Liverpool pada Agustus 2017. Kiper Aaron Ramsdale menjadi pemain Arsenal dengan penyelamatan terbanyak (7) di pertandingan ini.
  • Manchester City kini hanya tertinggal dua poin dari Arsenal yang masih memimpin klasemen, tapi City punya dua laga sisa. Ini berarti City bisa menggeser Arsenal dari puncak klasemen jika mereka menang di dua laga tersebut. City akan menghadapi West Ham dan Southampton di dua laga sisa mereka, sementara Arsenal akan menghadapi Chelsea, Liverpool, Tottenham, dan Leicester di empat laga tersisa mereka.
Baca  Indonesia Melaju ke Semifinal Uber Cup 2024 Usai Taklukkan Thailand 3-0

Hasil tersebut membuat City semakin percaya diri untuk meraih gelar juara Liga Inggris untuk ketiga kalinya berturut-turut. Mereka kini hanya tertinggal dua poin dari Arsenal yang masih memimpin klasemen, tapi City punya dua laga sisa.

Sementara itu, Arsenal harus segera bangkit dari kekalahan ini jika tidak ingin kehilangan peluang untuk menjadi juara. Mereka masih memiliki empat laga tersisa untuk mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen.

Baca  Borneo FC Samarinda Cukur Dewa United 3-1, Stefano Lilipaly Hat-trick

[BID | NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button