Olahraga
Trending

Anthony Ginting Raih Emas Kejuaraan Asia 2023, Akhiri 16 Tahun Puasa Gelar & Ukir Sejarah Baru

Anthony Sinisuka Ginting. Foto: Dok PBSI

Editorialkaltim.com – Anthony Sinisuka Ginting mengukir sejarah usai menjuarai Badminton Asia Championship (BAC) atau Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023.

Anthony Ginting menjadi Juara Asia usai mengalahkan unggulan ketujuh asal Singapura sekaligus peraih medali emas kejuaraan dunia 2021, Loh Kean Yew.

Bertanding di Sheikh Rashid bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (30/4/2023), Ginting tampil begitu menggila dan membuat Loh Kean Yew tak bisa berbuat banyak. Kemenangan Ginting diraih dengan 2 set langsung disertai skor yang sangat meyakinkan, 21-12 21-8.

Baca  Kampung Malahing Jadi Satu-satunya Desa di Kaltim yang Lolos 75 Besar ADWI Tahun 2023

Gelar juara BAC 2023 membuat Ginting mengukir prestasi luar biasa dalam kariernya. Yang pertama, ini adalah pertama kalinya pemain kelahiran Cimahi itu keluar sebagai juara di ajang bergengsi se-Asia tersebut.

Kemudian, yang kedua, Ginting sukses mengakhiri puasa gelar 16 tahun di sektor tunggal putra Indonesia untuk meraih gelar juara di ajang ini.

Baca  Indonesia Juara Umum di 8 Cabang Olahraga Sea Games Kamboja 2023

Indonesia terakhir kali menjuarai tunggal putra BAC ialah pada 2007, Kala itu gelar juara dipersembahkan oleh legenda bulu tangkis nasional Taufik Hidayat.

Kala itu, Taufik Hidayat Bertanding melawan pemain China unggulan kedua, Chen Hong, di Stadion Bandaraya, Johor, Minggu (15/4/2007), Taufik menang dua set langsung 21-18 dan 21-19.

Tentu saja dengan pencapaian luar biasa dalam kariernya ini membuat Anthony Ginting semakin percaya diri dalam menatap ajang bergengsi selanjutnya.

Baca  Dewan Samarinda Dukung Surat Edaran Kemenaker Terakit THR Karyawan Jelang Idulfitri

Terdekat, Anthony Ginting dan para pebulu tangkis Indonesia akan berjuang di Piala Sudirman 2023 yang akan berlangsung di China pada 14-21 Mei 2023.

[NDI]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button