Penajam Paser Utara

Krisis Air dan Proyek Mangkrak di Penajam Paser Utara

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU) Raup Muin

Editorialkaltim.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU) Raup Muin mengaku khawatir atas keluhan masyarakat terkait krisis air dan bahan baku yang kurang di Benuo Taka, Dia menyayangkan pengelolaan sumber daya dan proyek infrastruktur yang mangkrak.

Raup Muin mengadakan pertemuan dengan masyarakat untuk mendengarkan secara langsung masalah yang mereka alami. “Kita sering mendengar keluhan dari warga mengenai pasokan air dari PDAM. Namun, ironisnya, kita belum memiliki gambaran yang jelas mengenai biaya dan pendapatan yang terlibat,” ujar Raup dalam diskusi tersebut.

Baca  Sinergitas Ketahanan Pangan, Pj Bupati PPU Tandatangani MoU Pembangunan Pertanian Se-Kalimantan Timur

Raup juga membahas kegagalan dalam proyek Multi Years, yang awalnya dialokasikan sekitar Rp 48 miliar tetapi tidak terkoneksi dengan baik. “Sangat disayangkan melihat anggaran sebesar itu berakhir tanpa hasil yang konkret, padahal proyek itu dirancang untuk jangka menengah hingga panjang,” tutur Raup.

Dalam penanganan masalah ini, Raup mengumumkan rencana untuk memanggil tim teknis guna meninjau kembali dan mengatasi permasalahan yang ada dalam proyek tersebut. “Kami akan meminta tim teknis untuk segera menyelesaikan perkara ini agar bertanggung jawab atas dana yang sudah terlanjur digunakan,” tambahnya.

Baca  Perlindungan Nelayan Jadi Prioritas dalam Raperda Baru di PPU

Raup menekankan bahwa masalah utama di balik proyek yang mangkrak ini adalah kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam kepemimpinan atau yang diakui oleh stakeholder. “Kami membutuhkan SDM yang lebih mumpuni untuk mengelola proyek-proyek besar seperti ini,” jelas Raup.

Selanjutnya, ia berharap dengan intervensi yang lebih strategis dan manajemen proyek yang diperbaiki, proyek-proyek yang saat ini mangkrak seperti pembangunan coastal road dapat segera diaktifkan kembali. “Kita perlu upaya yang lebih terorganisir dan profesional dalam mengelola dana dan sumber daya yang kita miliki,” kata Raup.

Baca  Makmur Marbun Pimpin Apel Pagi Setda PPU

DPRD PPU berkomitmen untuk mengatasi masalah ini dengan tindakan yang cepat dan efektif, dengan harapan meringankan kesulitan yang dihadapi warga PPU dan memastikan bahwa dana publik digunakan dengan cara yang benar-benar menguntungkan masyarakat. (lin/ppu)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker