KaltimKutai Barat

Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Baru Muara Pahu Resmi Beroperasi

Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Muara Pahu Telah Diresmikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Timur, Abdul Khaliq (Foto: Setda Kubar)

Editorialkaltim.com – Masyarakat Kecamatan Muara Pahu kini merasakan peningkatan fasilitas layanan keagamaan dengan diresmikannya Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji yang baru.

Gedung yang pembangunannya didanai oleh Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2024 ini, secara resmi dibuka pada Selasa (22/10/2024) di RT 1 Kampung Muara Baroh, Kecamatan Muara Pahu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Timur, Abdul Khaliq, dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan gedung ini merupakan manifestasi dari komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan publik di bidang keagamaan.

Baca  Terbongkar! Polsek Sungai Pinang Ringkus Dua Otak Pencurian Motor di Samarinda

“Pembangunan ini menunjukkan bukti nyata komitmen pemerintah melalui Kemenag untuk meningkatkan pelayanan publik di bidang agama,” ujar Abdul Khaliq.

Lebih lanjut, Khaliq menekankan peran penting Kantor Urusan Agama (KUA) di tingkat kecamatan sebagai lembaga strategis dalam menjawab tantangan layanan keagamaan dan permasalahan umat.

“Kami berharap dengan gedung baru ini, KUA Muara Pahu dapat meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat, terutama dalam menyediakan fasilitas nikah dan manasik haji yang lebih baik,” tegasnya.

Baca  KPK Gencar Berantas Korupsi di Kutai Barat, Fokus Peningkatan SPI dan MCP

Dalam kesempatan yang sama, Camat Muara Pahu, Mauliddin Said, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas pembangunan gedung tersebut.

Menurutnya, gedung baru ini tidak hanya menjadi simbol kemajuan infrastruktur tetapi juga sebagai sumber inspirasi dan semangat baru bagi masyarakat yang ingin menikah atau melaksanakan manasik haji.

“Semoga gedung ini membawa keberkahan dan semangat baru bagi masyarakat Kecamatan Muara Pahu dan sekitarnya,” ucap Mauliddin.

Baca  Realisasi APBD Kaltim 2023 Capai 93,27 Persen

Mauliddin juga menyatakan KUA Kecamatan Muara Pahu, sebagai unit kerja strategis, memainkan peran penting dalam menyelenggarakan ibadah, menyediakan layanan pernikahan, dan mengurus berbagai keperluan keagamaan lainnya. Dengan hadirnya gedung baru ini, diharapkan KUA dapat meningkatkan efektivitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker