Nasional

IMF Ungkap Tingkat Pengangguran Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

Ilustrasi bursa kerja (Foto: Antara)

Editorialkaltim.com – Laporan terbaru dari Dana Moneter Internasional (IMF) dalam World Economic Outlook April 2024 menunjukkan Indonesia masih memegang tingkat pengangguran tertinggi di kawasan Asia Tenggara dengan persentase 5,2%. Angka ini stabil dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 5,3%, menunjukkan sedikit penurunan namun masih tinggi.

Dalam daftar yang sama, Filipina berada di posisi kedua dengan angka pengangguran 5,1%, diikuti oleh Brunei Darussalam dengan 4,9%.

Baca  Menaker Akui Jumlah PHK di RI Meningkat, Tembus 46 Ribu Hingga Agustus 2024

Negara-negara lain seperti Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Thailand memiliki angka yang jauh lebih rendah, dengan Thailand mencatat angka terendah di kawasan tersebut, hanya 1,1%, yang juga merupakan salah satu yang terendah di dunia, mengungguli Singapura dan bahkan negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat.

Sementara itu, di tingkat global, Sudah menempati posisi tertinggi dengan angka pengangguran mencengangkan 49,5%, diikuti oleh Afrika Selatan dengan 33,5%, dan Georgia dengan 15,7%. Angka-angka ini menunjukkan disparitas yang signifikan dalam perekonomian global.

Baca  Turun! Tingkat Pengangguran Kaltim Capai 5,75% di Februari 2024

IMF mengklarifikasi tingkat pengangguran yang mereka rilis merupakan proporsi dari angkatan kerja yang aktif mencari pekerjaan. Hal ini tidak mencakup kelompok seperti mahasiswa yang full-time, ibu rumah tangga, atau individu yang telah berhenti mencari pekerjaan.

Metodologi ini penting untuk memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kondisi ketenagakerjaan di suatu negara. (ndi)

Baca  Perludem Minta Bawaslu Lebih Berani Tindak Kasus Politik Uang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button