Nasional

Jelang Nataru, Jokowi Perintahkan Menkes Amati Betul Kenaikan Kasus Covid-19

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangannya selepas meninjau pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase 2A di Stasiun MRT Monas, Jakarta, pada Jumat, 15 Desember 2023 (Foto: BPMI Setpres)

Editorialkaltim.com – Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk memantau secara detail perkembangan Covid-19 menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Meskipun situasi saat ini masih terkendali, pemerintah tetap mengambil langkah preventif.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden dalam keterangannya selepas meninjau pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase 2A di Stasiun MRT Monas, Jakarta, pada Jumat (15/12/2023).

Baca  Jokowi Pastikan akan Perpanjang Izin Ekspor PT Freeport

“Saya sudah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk diikuti, diamati betul secara detail perkembangannya seperti apa. Sampai sekarang dari Menteri Kesehatan masih dalam kondisi baik,” kata Jokowi.

Presiden menegaskan bahwa meskipun kondisi terkait Covid-19 masih terjaga, pemerintah akan terus mengikuti perkembangannya dengan cermat. Peningkatan tren kasus Covid-19 sejak pekan ke-41, periode 8-14 Oktober 2023, menjadi perhatian utama.

Baca  Jokowi Minta Passing Grade Seleksi PPPK Dikaji Ulang, Menpan RB: Banyak Peserta Tak Lulus

Menurut Kementerian Kesehatan, meski terjadi peningkatan tren kasus, angka rawat inap dan kematian tidak mengalami lonjakan signifikan. Subvarian EG.5, turunan dari varian omicron, mendominasi kasus kali ini dan telah dikategorikan sebagai varian yang memerlukan perhatian khusus.

“Ya sampai saat ini masih terus diikuti dan diamati terus,” imbuh Jokowi.

Per 14 Desember 2023, jumlah kasus aktif Covid-19 mencapai 1.499 kasus, sebagian besar menjalani perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri.

Baca  AstraZeneca Akui Vaksinnya Bisa Picu Efek Samping Langka TTS, 51 Kasus Diadukan ke Pengadilan

“Pemerintah terus berkoordinasi untuk memastikan ketersediaan fasilitas kesehatan dan penanganan yang efektif terhadap varian baru ini,” jelasnya. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button