Penajam Paser Utara

Zainal Minta Kebijakan Pusat Terkait Penyerapan Tenaga Kerja Lokal

Anggota DPRD Kabupaten PPU, Zainal Arifin. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di wilayah Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), terus berjalan. Bahkan, pembangunan infrastruktur pendukung masif dilaksanakan.

Percepatan pembangunan IKN, sebagai upaya pemerintah pusat sesegera mungkin. Pembangunan Istana Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN akan selesai pada 2024. Jokowi pun menargetkan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 dapat digelar di kawasan tersebut setelah proses pembangunannya selesai.

Baca  Otorita IKN Buka 355 Lowongan Formasi PPPK 2023, Lulusan SMA/SMK Bisa Daftar

Upaya akselerasi pembangunan IKN, dilakukan pemerintah dengan mendatangkan ribuan pekerja. 

Menurut Anggota DPRD Kabupaten PPU, Zainal Arifin kedatangan ribuan pekerja untuk proyek IKN, merupakan hal wajar. Pasalnya, hal tersebut merupakan upaya pemerintah mempercepat perpindahan ibu kota.

“Bagi saya tidak masalah dengan masuknya pekerja luar. Tetapi saya meminta tetap memprioritaskan pekerja lokal,” ujar Zainal.

Baca  Anggota DPRD PPU: Partisipasi Pemuda Sepaku Kunci Sukses Pembangunan IKN

Dijelaskan Zainal, dengan memprioritaskan pekerja lokal, maka akan mengurangi tingkat pengangguran di wilayah PPU. Tidak hanya itu, kebijakan itu juga akan meningkatkan kondisi sosial masyarakat. Apalagi dengan penyerapan tenaga kerja lokal dapat meningkatkan kompetensi masyarakat PPU.

Meski demikian, Zainal mengingatkan Badan Otorita IKN, agar pembangunan IKN ini tidak menimbulkan permasalahan, seperti pembayaran upah para pekerja.

Baca  DPRD Evaluasi Kinerja Pj Bupati PPU

“Selama ini saya masih mendapat informasi bila ada pekerja di IKN Nusantara yang belum mendapatkan gaji sesuai dengan aturan. Semoga itu tidak terjadi,” pungkasnya. (hms/nfa/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button