Kukar

Tiga Tahun Berjalan, DPMB Kukar Sebut Program Terang Kampungku Bakal Tuntas di 2024

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Sejak awal dicanangkan pada 2021 lalu saat Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah dan Rendi Solihin dilantik. Program Terang Kampungku memiliki misi mulai untuk menerangi kebutuhan listrik selama 24 jam di 17 desa yang terisolasi. Kini sudah ada 14 desa yang menerima manfaat ini, dan rencananya akan tuntas di 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto. Dia menyebut terhitung dari 2021 hingga kini sudah ada 14 desa yang menerima manfaat program ini. Realisasi program ini dilakukan dengan kerjasama antar Pemkab Kukar dan PLN melalui PLTS komunal dan PLTD. Dan pada tahun 2023 ini, Arianto sebut pemerintah akan fokus membangun dua PLTS bagi Dusun Nangkabuana, Desa Tunjungan dan Desa Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman.

Baca  Bupati Kukar Apresiasi Peran TP-PKK Bentuk Keluarga dan Masyarakat yang Tangguh

“Prosesnya saat ini sudah memasuki proses perencanaan. Rencananya bulan Mei nanti kami sudah mulai lakukan pengerjaan fisik, kami targetkan selesai di Agustus,” ujar Arianto.

Untuk penganggaran, Arianto mengatakan pembangunan dua Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ini telah dianggarkan sebesar Rp12,2 Miliar dari APDB 2023 yang disalurkan ke Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD). Detailnya adalah Rp6,2 Miliar bagi desa Kupang Baru dan Rp6 Miliar untuk desa Tunjungan. Jika kedua desa tersebut telah rampung, Arianto mengatakan target pembangunan terakhir program ini adalah Desa Liang Buaya, kecamatan Muara Kaman. Pembangunan ini rencananya dilakukan di 2024, namun masih perlu koordinasi lagi dengan PLN.

Baca  Rendi Bagikan Paket Sembako Idulfitri ke Wilayah Hulu Mahakam

“Kami harap pengerjaannya berjalan lancar hingga target RPJMD tercapai di 2024 nanti. Dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Karena ini adalah upaya kami memenuhi kebutuhan layanan infrastruktur dasar, dan diharapkan bisa menjadi sumber potensi ekonomi desa yang dikelola BUMDes dan warga,” harap Arianto. (tri/nfa/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button