Samarinda

Dorong OPD Lakukan Penyerapan Anggaran, Joha Sebut Target Capaian Akhir Tahun

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda, Joha Fajal. (istimewa)

Editorialkaltim.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda, Joha Fajal, menyampaikan pentingnya percepatan realisasi anggaran dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diadakan pada Jumat (21/6/2024). Joha menekankan perlunya memaksimalkan program pembangunan, khususnya dalam pelayanan publik.

Joha mendesak OPD untuk menyelesaikan pekerjaan yang tersisa sebelum akhir tahun, dalam upaya mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya. Penyerapan anggaran OPD telah mencapai angka di atas 40 persen, namun Joha mencatat adanya keterlambatan dalam pembangunan non fisik yang baru mencapai serapan anggaran 28 persen.

Baca  Bahas APBD, FKIP UNMUL Kunjungi DPRD Samarinda

“Bukan hanya belanjanya tapi outputnya juga,” ungkap Joha, menandaskan pentingnya hasil nyata dari penggunaan anggaran.

Lebih lanjut, Joha menambahkan OPD yang ingin mengajukan penambahan anggaran di APBD Perubahan 2024 harus memiliki alasan yang jelas dan didukung realisasi anggaran yang baik di APBD Murni. “Jika penyerapan APBD Murni saja masih rendah, tentu akan sulit untuk mendapatkan persetujuan penambahan anggaran,” imbuhnya.

Baca  Ketua DPRD Samarinda Harap OIC-CA Berikan Dampak Positif dalam Pembangunan Kota

Joha juga menyoroti permasalahan perizinan, khususnya keluhan masyarakat tentang lambatnya penerbitan izin baliho. Ia mengkritik proses saat ini, dimana pemohon harus membayar pajak sebelum izin terbit, yang menimbulkan ketidaknyamanan. “Izin harus dikeluarkan terlebih dahulu sebelum pajak dibayarkan. Jangan sampai masyarakat membayar dulu baru menunggu izin keluar,” paparnya.

Menutup diskusi, Joha berharap agar komunikasi antar OPD dapat diperkuat untuk mempercepat proses perizinan dan memberikan kepastian hukum kepada masyarakat. “Harapannya, dengan evaluasi dan masukan hari ini, OPD-OPD tersebut dapat bekerja lebih maksimal dalam menyerap anggaran dan menyelesaikan program-program yang telah direncanakan, serta memberikan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat,” tutupnya. (Adr/shn/adv)

Baca  Ketua Pansus I Tanggapi Sentilan Wali Kota Samarinda Tentang Perda Minuman Beralkohol

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button