Penajam Paser Utara

Jamaluddin Dorong Peningkatan Guru Bahasa Daerah di PPU

nggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU), Jamaluddin

Editorialkaltim.com – Dalam upaya memperkuat pelestarian budaya lokal dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahasa dan tradisi mereka, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU), Jamaluddin, menekankan pentingnya peran Dinas Pendidikan (Disdik) PPU dalam mengangkat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pengajaran, khususnya untuk guru Bahasa Daerah seperti Dayak dan Paser.

Jamaluddin mendukung upaya ini. “Kalau memang itu perlu dilakukan, akuarium kita pasti support penuh itu,” ujarnya, menggunakan istilah figuratif untuk menunjukkan lingkungan pendidikan yang mendukung, Jumat (11/10/2024). 

Baca  Pendaftaran UTBK SNBT Dibuka per 23 Maret 2023, Ini Cara Daftar dan Syaratnya

Diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten PPU telah menerima kuota 142 formasi tenaga guru dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024. Namun, menurut Jamaluddin, masih terdapat kekurangan ratusan tenaga pengajar, khususnya dalam pengajaran bahasa daerah, yang perlu segera diatasi oleh Disdik PPU.

Bahasa Dayak Paser merupakan bagian dari kurikulum lokal, yang telah diresmikan melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Penajam Paser Utara Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pelestarian dan Perlindungan Adat Paser. “Karena bahasa daerah itu masuk ke dalam kurikulum, saya kira itu sangat perlu diefektifkan, harus betul-betul disesuaikan dengan kebutuhan,” kata Jamaluddin.

Baca  Final Cabang Fahmil Qur'an di MTQ XVII Kutim, Ajang Penuh Tantangan

Jamaluddin juga menyampaikan harapannya agar penyediaan tenaga pengajar untuk bahasa daerah segera dimaksimalkan, mengingat pentingnya mereka dalam proses belajar mengajar. “Tujuannya juga sangat baik, yaitu untuk mengenal lebih dalam daerah kita dan juga menambahkan pemahaman mengenai bahasa daerah kita,” tandasnya.

Dengan dukungan yang kuat dari pemerintah dan DPRD, diharapkan upaya peningkatan jumlah guru bahasa daerah di PPU dapat segera terwujud, memastikan bahwa generasi muda di PPU dapat memahami dan menghargai warisan budaya mereka secara lebih mendalam. (lin/ppu)

Baca  Anggota DPRD Bijak Prihatin SD Negeri 026 Penajam Belum Difungsikan 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker