KaltimPaser

Desa Keladen Gelar Rembug Stunting, Cegah Gizi Buruk

Pemerintah Desa Keladen, Kecamatan Tanjung Harapan, Kabupaten Paser, menggelar kegiatan rembug stunting (Foto: Media Center Pemkab Paser)

Editorialkaltim.com – Pemerintah Desa Keladen, Kecamatan Tanjung Harapan, Kabupaten Paser, menggelar kegiatan rembug stunting dengan tema “Bersama Membangun Desa Kuat dan Sehat Tanpa Stunting” pada Rabu (23/10/2024).

Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Keladen dan dihadiri oleh aparatur desa, kader Posyandu, anggota PKK, serta tokoh masyarakat setempat.

Najmawati, Sekretaris Desa Keladen, dalam sambutannya mengungkapkan komitmen pemerintah desa untuk mendukung program nasional dalam menurunkan angka stunting.

Baca  Jelang Tahun Politik 2024, KPID Kaltim Akan Jalin Kerjasama dengan KPU dan Bawaslu

“Pemerintah desa berkomitmen mendukung program nasional penurunan angka stunting. Oleh karena itu, sangat penting bagi kami untuk bersinergi dengan tenaga kesehatan dalam membangun desa yang kuat dan sehat tanpa stunting,” kata Najmawati melansir dari Diskominfotasper Paser pada Kamis (24/10/2024).

Acara tersebut menampilkan beberapa narasumber, di antaranya Dr. Nur Raisah Ulfah, dokter umum di Puskesmas Kecamatan Tanjung Harapan, dan Mardiana, Ahli Gizi dari Puskesmas yang sama.

Baca  Ring Road II Dibuka, Novan Harap Pembebasan Lahan Warga Segera Diselesaikan

Nur Raisah memberikan materi tentang pentingnya upaya preventif dalam pencegahan stunting melalui deteksi dini dan perawatan kesehatan ibu dan anak.

Sementara itu, Mardiana memaparkan tentang pentingnya pemenuhan gizi yang seimbang untuk mendukung tumbuh kembang anak, khususnya dalam 1000 hari pertama kehidupan mereka.

Darwansa, Pendamping Desa Kecamatan Tanjung Harapan, juga turut memberikan pandangannya mengenai peran lembaga desa.

Baca  Gelar Koordinasi Kelembagaan, KPID Kaltim dan Jatim Bahas Pentingnya Penyesuain Penyiaran di Era Digital

“Posyandu dan PKK adalah garda terdepan dalam mendeteksi dan menangani kasus stunting di masyarakat. Kegiatan pemantauan pertumbuhan anak dan edukasi keluarga yang mereka lakukan sangat krusial dalam upaya kami mengatasi stunting,” ujar Darwansa.(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker