IKNNasional

IKN Nusantara Turunkan 12 Atlet Dalam Empat Cabor PON 2024

Kontingen IKN Nusantara di PON XXI Aceh-Sumut (Foto: Humas IKN)

Editorialkaltim.com – Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara telah dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Senin (9/9/2024).

Dalam parade kontingen yang diikuti oleh 39 provinsi, terdapat kejutan istimewa dengan defile tambahan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kontingen IKN, yang terdiri dari 12 atlet dan ofisial, menampilkan keunikan dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai provinsi di Indonesia, berjalan di urutan ketiga terakhir, diikuti oleh tuan rumah Aceh dan Sumut.

Baca  Mahfud MD Bandingkan Situasi Politik RI dengan Masa Munculnya Nazisme dan Fasisme

Menurut Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat IKN, kontingen ini berperan sebagai tamu kehormatan yang bertujuan menyosialisasikan Ibu Kota Nusantara kepada masyarakat luas.

Meskipun tidak terhitung dalam perolehan medali, keikutsertaan mereka dalam PON kali ini diharapkan memberikan gambaran mengenai potensi dan keberagaman budaya yang dimiliki oleh IKN.

Para atlet dan ofisial dari IKN telah mengikuti pelatihan di berbagai kota seperti Makassar, Jakarta, Surabaya, dan Berau, menguatkan kesiapan mereka dalam menghadapi kompetisi. Mereka akan berpartisipasi dalam beberapa cabang olahraga, termasuk Senam, Layar, Panahan, dan Renang.

Baca  Emas Perdana dari Firda Khairunissa untuk Kaltim di Angkat Besi PON Aceh-Sumut 2024

Sebagai informasi xPON 2024 melombakan 65 cabang olahraga dan 1.042 nomor pertandingan yang dipertandingkan di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumut.

Pertandingan tersebut sebagian sudah di mulai sejak akhir Agustus lalu dan akan berakhir pada 20 September dan ditutup di Provinsi Sumatera Utara.(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button