Nasional

Gerindra Puncaki Penilaian Keterbukaan Keuangan Partai, Cetak Skor Tertinggi di Laporan TII-KPK 2023

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (Foto: Dok Gerindra)

Editorialkaltim.com – Partai Gerindra di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto menorehkan prestasi membanggakan berdasarkan Laporan Hasil Penilaian Terhadap Kapasitas dan Praktik Keterbukaan Keuangan pada tingkat pengurus pusat 9 partai politik pemilik kursi DPR RI oleh Transparency International Indonesia (TII) bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2023.

Hasil penilaian yang dilakukan dari Mei hingga Agustus 2023 ini menempatkan Partai Gerindra sebagai yang terunggul di tiga dimensi utama, yaitu regulasi keuangan internal, struktur dan sumber daya manusia, serta keterbukaan informasi.

Baca  Temuan BPK: Rp963 Miliar Dana Bansos Tersalur Salah Sasaran, Termasuk ke ASN

Dalam laporan yang dirilis pada Rabu (07/08/2024), tercatat Partai Gerindra mencapai 55% untuk regulasi keuangan internal, 68% pada struktur dan SDM, serta 75% pada keterbukaan informasi.

Dari sembilan partai politik pemilik kursi di DPR RI, hanya Partai Gerindra yang mendemonstrasikan keterbukaan keuangan yang cenderung optimal dengan regulasi yang lengkap.

Sedangkan delapan partai lainnya, termasuk PDIP, Golkar, Nasdem, PKB, Demokrat, PKS, PAN, dan PPP, dianggap belum optimal, dengan sebagian besar regulasi yang tergolong tidak lengkap.

Baca  Gelar Rakorda Partai Gerindra 10 DPC sepakat Usung Andi Harun Calon Tunggal Walikota Samarinda

Pencapaian ini semakin mengukuhkan posisi Gerindra sebagai salah satu kekuatan politik utama di Indonesia.

Berdasarkan hasil rekapitulasi nasional pemilihan legislatif 2024, Partai Gerindra memperoleh 20.071.708 suara, menempatkan mereka pada posisi ketiga. Ini menandakan keberlanjutan dukungan masyarakat terhadap Partai Gerindra yang pertama kali didirikan pada tahun 2008 dan sejak pemilu legislatif 2019 berhasil meraih 78 kursi di DPR. (ndi)

Baca  Setuju Tiga Raperda Pemkot Bontang, Fraksi An-Nur Minta Dibahas Lebih Lanjut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button