Nasional

BSSN Pastikan Pemulihan Sistem PDN Rampung Bulan Ini

Hinsa Siburian, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (Foto: BSSN)

Editorialkaltim.com – Hinsa Siburian, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), menegaskan fasilitas pelayanan publik di Indonesia akan segera beroperasi normal kembali setelah insiden peretasan yang melumpuhkan Pusat Data Nasional (PDN). Kejadian ini, yang sempat menghebohkan beberapa waktu lalu, diklaim akan selesai dibenahi pada bulan ini.

“Kami targetkan pemulihan ini bisa kami rampungkan sebelum bulan ini berakhir,” ungkap Hinsa Siburian dalam sambutannya setelah menghadiri rapat koordinasi pengawasan, Rabu (17/7/24).

Baca  800 Ribu Data Calon Mahasiswa KIP-Kuliah Raib Akibat Serangan Ransomware PDN

Lebih lanjut, Hinsa menyampaikan BSSN terus bekerja keras memulihkan sistem-sistem yang terdampak sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

Ia menekankan pentingnya memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat yang terhenti karena peretasan.

“Sudah ada progres yang kami capai, seperti layanan imigrasi yang kini telah pulih,” kata Hinsa.

Dalam menangani dampak dari peretasan tersebut, pemerintah telah mengimplementasikan sistem cadangan data yang lebih kuat dan berlapis.

Baca  DPR Desak Penjelasan Status Perlindungan Data Pribadi Pasca Insiden Siber PDNS

“Di sisi hukum, upaya pengusutan terhadap pelaku peretasan juga masih terus berlangsung, memastikan bahwa insiden serupa tidak terulang,” pungkasnya. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button