Internasional

Gempuran Israel di Lebanon Selatan, Komandan Senior Hizbullah Tewas

Tentara Lebanon mengamankan lokasi yang terkena serangan, setelah jet Israel menghantam Lembah Bekaa Lebanon untuk hari kedua pada hari Selasa, menurut sumber keamanan, di Saraain, Lebanon, 12 Maret 2024 (Foto: Reuters/Mohamed Azakir)

Editorialkaltim.com – Serangan udara Israel di wilayah Lebanon selatan, pada Rabu (3/7/2024), telah merenggut nyawa Mohammed Nasser, seorang komandan senior dari Hizbullah.

Menurut informasi dari sumber keamanan Lebanon, kehilangan ini menandai salah satu pukulan terberat bagi kelompok militan tersebut dalam kurun waktu hampir sembilan bulan konflik berkepanjangan.

Kejadian ini terjadi di tengah ketegangan yang memuncak akibat konflik berkelanjutan di Gaza, menimbulkan kekhawatiran internasional tentang kemungkinan perang skala penuh yang melibatkan negara-negara di kawasan.

Baca  AS Ingatkan Risiko Konflik Israel-Hizbullah Memicu Perang Skala Regional

Sumber keamanan menambahkan Nasser adalah pejabat yang mengatur operasi militer di zona perbatasan, tempat terjadinya pertempuran sengit yang belum pernah terjadi sejak perang tahun 2006.

Dalam pernyataan yang dirilis oleh Hizbullah dan dilaporkan oleh Reuters serta Al Arabiya pada Kamis (4/7), Nasser digambarkan sebagai “martir” yang gugur tanpa penjelasan mendetail mengenai dinamika serangannya. Hingga saat ini, belum ada respons atau pernyataan resmi dari pihak militer Israel terkait insiden tersebut.

Baca  ICJ Nyatakan Pendudukan Israel Ilegal, Indonesia Desak DK PBB Bertindak

Penyerangan ini telah memicu reaksi keras dari Hizbullah, yang sebelumnya pada bulan Juni telah mengintensifkan serangan balasan dengan drone dan roket sebagai bentuk pembalasan atas kematian Taleb Abdallah, komandan mereka yang lain. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button