Nasional

Kemenpan RB: CPNS sekolah kedinasan di Mei, CASN di Juni 2024

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat konferensi pers di Jakarta, Jumat, 3 Mei 2024 (Foto: Kemenpan RB)

Editorialkaltim.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengumumkan segera memulai tahapan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) untuk tahun 2024. Seleksi ini mencakup CPNS di lingkungan sekolah kedinasan serta CASN secara umum di berbagai kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (Pemda).

Menurut Menteri Anas, proses seleksi CPNS melalui sekolah kedinasan dijadwalkan mulai Mei 2024. Ada 8 instansi penyelenggara sekolah kedinasan yang diberikan persetujuan formasi dengan total 3.445 formasi.

Beberapa sekolah kedinasan yang terlibat antara lain Politeknik Keuangan Negara STAN, Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

“Sekolah kedinasan yang diberikan alokasi ini dipilih berdasarkan kebutuhan akan tantangan zaman, seperti di STMKG yang berkaitan dengan perubahan iklim dan di Politeknik Siber dan Sandi Negara yang menghadapi digitalisasi,” ungkap Anas melalui keterangan resminya pada Jumat (3/5/2024).

Baca  Kalahkan Juara Olimpiade, Gregoria Mariska Juara Japan Masters 2023

Lebih lanjut, Menteri Anas menyatakan pemerintah juga akan membuka pendaftaran CASN secara luas di seluruh Indonesia dengan pendaftaran dijadwalkan pada Juni 2024.

Kementerian PANRB telah menyetujui alokasi 1,2 juta formasi yang terbagi antara 427.650 di instansi pusat dan 862.174 di instansi daerah. Ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan 2,3 juta ASN yang akan direkrut secara bertahap.

“Saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang mempercepat verifikasi pengisian formasi yang dilakukan oleh K/L dan Pemda. Kami mendesak agar 4 instansi yang belum mengisi rincian formasi dapat segera menyelesaikannya di sistem BKN,” jelas Anas.

Baca  Kemenpan RB Tetapkan Kuota Formasi CPNS 2023 sebanyak 572.496 Orang, 80 Persen Jatah Honorer

Menteri Anas juga menambahkan jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi masih bersifat dinamis dan akan mengikuti perkembangan terkini terkait kecepatan dan ketepatan pengisian formasi oleh K/L dan Pemda.

Anas menjelaskan, dari total proposal yang diajukan dan telah diverifikasi serta divalidasi oleh BKN, terdapat alokasi sebanyak 2.906 formasi untuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Untuk pemenuhan talenta digital di tingkat pemerintah daerah, terdapat 19.817 formasi yang disetujui.

Lebih lanjut, Menteri Anas memaparkan alokasi SDM yang akan ditempatkan di IKN mencapai 71.643 formasi, yang terbagi menjadi 14.114 CPNS dan 57.529 PPPK.

“Itulah komposisi jumlah formasi yang kami siapkan,” ujar Menteri Anas.

Baca  Usulan Iuran BPJS Kesehatan Berdasarkan Kapasitas Finansial Warga

Anas menghimbau agar masyarakat hati-hati dalam mendapatkan informasi tentang seleksi CASN dan hanya mengikuti informasi dari sumber resmi pemerintah.

Selain itu, Menteri Anas menekankan pentingnya menghindari pihak-pihak yang mengklaim dapat menjamin kelulusan dalam seleksi.

“Kami menjamin proses seleksi CASN sangat transparan dan akuntabel, terbukti dengan adanya skor langsung yang ditampilkan di Kantor BKN. Peserta dapat melihat langsung skornya di gedung, sementara keluarga bisa memantau secara real time melalui siaran langsung di YouTube, sehingga menutup peluang adanya permainan dalam seleksi,” kata Anas dengan tegas. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button