Nasional

Realisasi Investasi Indonesia 2023 Tembus Rp 1.418 Triliun, Dominasi Luar Jawa

Ilustrasi pertambangan batu bara (Foto: Freepik)

Editorialkaltim.com – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan realisasi investasi Indonesia sepanjang tahun 2023 berhasil melampaui target. Tercatat, realisasi investasi mencapai Rp1.418 triliun, sedikit di atas target yang ditetapkan sebesar Rp1.400 triliun.

“Pak Jokowi memberikan target Rp1.400 triliun dan alhamdulillah kita realisasikan sebesar Rp1.418,90 triliun,” ujar Bahlil dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI pada Senin (1/4/2024).

Sejak tahun 2018, Kementerian Investasi/BKPM terus mencapai target investasi yang ditetapkan, dengan total akumulasi mencapai Rp1.099,8 triliun hingga 2023.

Baca  Bahlil Lahadalia Ungkap Alasan Pemberian IUP ke Ormas Keagamaan

Lebih lanjut, Bahlil menekankan capaian ini tidak hanya terfokus di Pulau Jawa. Investasi di luar Jawa justru menunjukkan angka yang lebih tinggi, mencerminkan pemerataan pertumbuhan investasi di seluruh Indonesia.

Untuk tahun 2023, investasi di luar Jawa mencapai Rp730,8 triliun atau 51,5% dari total realisasi, sementara Jawa berkontribusi Rp688,1 triliun atau 48,5%.

“Jadi sejak 2020 kuartal ketiga sampai dengan 2023 akhir, alhamdulillah realisasi investasi kita di luar pulau Jawa sudah lebih banyak ketimbang di Jawa. Ini merupakan bagian dari pemerataan pertumbuhan investasi,” jelas Bahlil.

Baca  Cegah Politik Transaksional, Junimart Desak Seleksi Terbuka untuk Petugas Adhoc Pilkada 2024

Bahlil juga membeberkan sumber-sumber investasi asing yang dominan, dengan Singapura menempati urutan teratas sebagai negara asal investasi terbesar di Indonesia, yaitu sebesar 15,4 miliar dolar AS, diikuti oleh Tiongkok, Hong Kong, Jepang, Malaysia, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Belanda.

Menurut Bahlil, posisi strategis Singapura sebagai hub ekonomi dan banyaknya pengusaha Indonesia yang berbasis di sana menjadi salah satu faktor penting dalam aliran investasi tersebut.

Baca  Mengenal Profil dan Visi Misi Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

“Singapura itu menjadi hub dan banyak juga pengusaha Indonesia di sana,” jelas Bahlil. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button