IKNNasional
Trending

Otorita IKN Ungkap 5 Proyek Groundbreaking Bernilai Rp49,6 Triliun

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala Otoritas IKN memberikan keterangan pers, Rabu, 13 Maret 2024 di Jakarta (Foto: Humas Setkab)

Editorialkaltim.com – Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) mencatat pelaksanaan peletakan batu pertama atau groundbreaking sebanyak lima kali oleh Presiden Joko Widodo, dengan total investasi mencapai Rp49,6 triliun dari 32 institusi atau entitas berbeda.

“Hingga saat ini, terdapat lima sesi groundbreaking dengan total nilai hampir mencapai Rp50 triliun, tepatnya Rp49,6 triliun, melibatkan sekitar 32 institusi yang telah berpartisipasi,” ujar Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN Nusantara.

Baca  Pemkab PPU Luncurkan Sekolah Laboratorium Pancasila, Siapkan Generasi Unggul di Ibu Kota Nusantara

Lebih lanjut, Bambang menegaskan pentingnya realisasi pembangunan infrastruktur ini di lapangan secepat mungkin. Ia menjelaskan pembangunan gedung, kantor lembaga, dan fasilitas publik yang terlaksana akan menciptakan sebuah ekosistem terpadu di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN. Hal ini diharapkan akan menjadi acuan untuk pengembangan IKN di masa yang akan datang.

“Kami melihat pentingnya untuk segera merealisasikan investasi ini agar ekosistem yang diharapkan dapat terbentuk,” jelas Bambang.

Baca  Kabar Baik! Korlantas Polri Izinkan Urus SIM dengan BPJS Menunggak

Proyek pembangunan di IKN, termasuk pembangunan Istana Presiden, gedung kementerian/lembaga, fasilitas publik, dan infrastruktur pendukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), diharapkan menjadikan IKN sebagai kota yang nyaman dan disukai banyak orang.

Dalam konteks yang sama, Agung Wicaksono, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara, menambahkan bahwa rencana untuk sesi groundbreaking keenam di IKN pada Mei 2024 akan difokuskan pada proyek-proyek pendidikan.

Baca  Pembangunan Infrastruktur Dasar IKN Nusantara Capai 38 Persen

“Kami menargetkan untuk melakukan sesi groundbreaking keenam pada Mei mendatang. Presiden sudah lima kali mengawali proyek investasi di IKN, dan sesi berikutnya akan difokuskan pada proyek-proyek pendidikan,” tutur Agung. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button