Nasional

Cheryl Tanzil soal Suara PSI Melonjak Tajam, Menang Kalah Kami Selalu Di-Bully

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil (Foto: Dok Pribadi)

Editorialkaltim.com – Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil, memberikan tanggapan terkait dengan tuduhan curang yang muncul dari beberapa pihak mengenai lonjakan suara partainya yang tercatat dalam aplikasi Sirekap Komisi Pemilihan Umum (KPU). Cheryl menyatakan bahwa PSI selalu menjadi sasaran bully, baik ketika menang maupun kalah dalam pemilihan.

“Jika kami menang, kami dituduh curang karena sebelumnya kami tidak menang, dan sekarang kami menang. Jika kami kalah, kami juga dibully dengan dikatakan bahwa Kaesang tidak berpengaruh. Kami sudah siap menghadapi apapun karena ini adalah bagian dari perjuangan kami untuk demokrasi,” ujar Cheryl, Sabtu (2/3/2024).

Baca  KPU dan Bawaslu Didesak Telusuri Kenaikan Drastis Suara PSI

Cheryl juga mengungkapkan bahwa berdasarkan beberapa survei, elektabilitas PSI menunjukkan angka yang signifikan.

Survei yang dilakukan pada awal Februari 2024 oleh litbang sebuah media terkemuka menunjukkan elektabilitas PSI mencapai 4,4 persen.

Sementara itu, survei dari Lembaga SPIN menempatkan PSI pada angka 4 persen. Survei tersebut dilaksanakan pada 5-8 Februari 2024.

“Namun, survei ini tidak dipublikasikan. Ada yang tahu kenapa?” tanya Cheryl pada Kamis (29/2/2024).

Baca  KPK Siapkan Dashboard Khusus, Publik Bisa Pantau LHKPN Caleg Terpilih 2024-2029

Lebih lanjut, hasil quick count menunjukkan PSI berada di kisaran 2,95 hingga 3 persen dengan margin error 1 persen, yang masih membuka peluang bagi PSI untuk masuk ke Senayan.

Sebagai informasi, Data real count KPU yang dipublikasikan di Sirekap pada laman web pemilu2024.kpu.go.id mencatat lonjakan tajam suara PSI dalam waktu terakhir.

Berdasarkan rekapitulasi suara di 530.776 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Senin (26/2/2024) pukul 06.00 WIB, PSI memperoleh 2.001.493 suara atau sekitar 2,68 persen.

Baca  Progres IKN Baru 15%, Grace Natalie Sebut Luasnya Empat Kali Lipat dari Jakarta

Angka tersebut terus meningkat hingga Sabtu (2/3/2024) pukul 13.00 WIB, di mana berdasarkan hasil real count terhadap 541.260 TPS, PSI berhasil mengumpulkan 2.399.469 suara atau sekitar 3,13 persen, mendekati ambang batas parlemen yang ditetapkan sebesar 4 persen. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button