Nasional

KSP Moeldoko Imbau Masyarakat Tak Panik Hadapi Kelangkaan Beras

Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko (Foto: Setkab)

Editorialkaltim.com – Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik menghadapi fenomena kelangkaan beras yang belakangan menjadi perhatian.

Imbauan ini disampaikan setelah Moeldoko memimpin rapat bersama jajaran dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Sekretariat Kabinet, Perum Bulog, dan Badan Pusat Statistik pada Kamis (29/2/2024), untuk membahas permasalahan terkini mengenai beras.

Dalam keterangannya, Moeldoko menegaskan bahwa situasi terkait dengan harga dan ketersediaan pasokan beras medium serta premium sudah kembali normal.

Baca  KSP Moeldoko Klarifikasi Tapera: Bukan Potongan Gaji, Ini Tabungan Pensiun Pekerja

“Masyarakat tidak perlu melakukan panic buying karena stok beras saat ini cukup dan masyarakat diimbau untuk membeli sesuai kebutuhan,” ujar Moeldoko.

Kepala Staf Kepresidenan itu juga menyoroti masalah yang terjadi selama Operasi Pasar, dimana terjadi kekosongan stok beras kemasan 5 kilogram oleh Bulog, yang disebabkan oleh keterbatasan dalam pengemasan beras Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP).

Baca  Profil Hadi Tjahjanto, Mantan Pilot yang Dipercaya Jokowi Urus Polhukam

Moeldoko menegaskan bahwa upaya peningkatan distribusi dan pengemasan harus segera dilakukan untuk menghindari antrean lebih lanjut.

Lebih lanjut, Moeldoko menyampaikan bahwa harga beras di beberapa pasar induk telah mengalami penurunan dan ketersediaan stok yang cukup. Namun, ia mengakui adanya masalah distribusi dan kenaikan harga beras di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) di beberapa ritel modern.

Baca  Antisipasi Kasus Kematian, Petugas Pemilu 2024 Bakal Dapat Perlindungan BPJS Kesehatan

Sebagai solusi, Moeldoko menyarankan perlunya relaksasi oleh satgas pangan, khususnya untuk mengatasi keterbatasan stok di wilayah ritel modern.

“Utamanya, untuk mengisi dulu wilayah-wilayah yang stoknya terbatas di ritel modern,” ungkapnya. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button