Nasional

Anies Baswedan Minta Aspirasi Tolak Kecurangan Pemilu Harus Dihormati

Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan (Foto: Reuters/Yuddy Cahya Budiman)

Editorialkaltim.com – Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, menegaskan pentingnya aspirasi masyarakat terkait penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Menurut Anies, suara publik adalah hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah dalam melaksanakan pemilu yang adil dan transparan.

“Aspirasi itu harus dihargai,” kata Anies dilansir MI saat Berbicara di acara di Mister Monster, Jakarta Utara Jumat (1/3/2024)

Ia menambahkan bahwa gerakan masyarakat yang muncul merupakan respons terhadap berbagai masalah dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca  Dirty Vote Trending, Film Dokumenter yang Mengungkap Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

“Menolak pemilu yang curang adalah hak setiap warga negara,” jelas Anies.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sedang fokus mengumpulkan data pelanggaran pemilu yang terjadi, mulai dari tingkat daerah hingga nasional.

“Kami menyediakan data dan proses untuk bisa dilakukan melalui prosedur yang ada,” ujar Anies.

Meskipun belum ditentukan apakah langkah selanjutnya akan membawa kasus ke Mahkamah Konstitusi atau tidak, Anies memastikan bahwa semua data yang terkumpul akan digunakan untuk menegakkan integritas pemilu.

Baca  PKS Resmi Usung Anies dan Sohibul untuk Pilgub DKI 2024, Optimis Raih Kemenangan

“Bisa dipastikan kita mengumpulkan semua data. Tapi nanti rutenya ke mana, nanti kita lihat,” beber Anies.

Di sisi lain, aksi unjuk rasa menolak kecurangan Pemilu juga digelar di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, pada Jumat yang sama.

Demonstran membawa tiga tuntutan utama, yang mereka sebut sebagai Tritura: menurunkan harga sembako, mendukung hak angket, dan memakzulkan Presiden Jokowi. (ndi)

Baca  Presiden Jokowi Optimis Prabowo Teruskan Hilirisasi dan Proyek IKN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button