Ragam

Sudah Lahap Makan Tetapi Berat Badan Tak Kunjung Naik? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Ilustrasi makan banyak (Foto: Shutterstock)

Editorialkaltim.com – Memiliki tubuh ideal merupakan impian banyak orang. Namun, ada pula yang menghadapi kendala berat badan yang sulit naik meski sudah makan banyak. Jika kamu termasuk dalam kategori ini, penting untuk mengetahui penyebab dan solusi agar dapat mencapai berat badan ideal yang diinginkan.

Sulitnya menambah berat badan sering kali membuat beberapa individu merasa frustrasi. Keinginan untuk memiliki berat badan ideal bukan hanya didasari oleh alasan estetika, namun juga kekhawatiran atas stigma negatif yang muncul terhadap orang yang terlihat kurus, yang seringkali dianggap kurang gizi—sebuah anggapan yang tidak selamanya benar.

Baca  7 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat yang Sayang untuk Dilewatkan bagi Kesehatan

Penyebab Utama Kesulitan Menambah Berat Badan

Dilansir Alodokter, Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang sulit menambah berat badan meskipun telah mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak adalah sebagai berikut:

Faktor Genetik

Genetik memegang peranan penting dalam menentukan metabolisme seseorang. Mereka yang memiliki metabolisme tinggi cenderung membakar kalori dengan cepat, sehingga sulit menambah berat badan meski makan banyak.

Aktivitas Fisik Berlebihan

Tingginya aktivitas fisik dapat meningkatkan pembakaran kalori. Bagi yang rutin melakukan olahraga berat atau memiliki aktivitas fisik yang sangat tinggi, hal ini dapat menjadi penghambat dalam usaha menambah berat badan.

Baca  Elektabilitas Terbaru Paslon Jelang Pencoblosan Versi LSI Denny JA

Kondisi Kesehatan

Penyakit tertentu seperti diabetes, gangguan tiroid, gagal jantung, tuberkulosis, dan gangguan pencernaan dapat menyebabkan seseorang sulit menambah berat badan karena kondisi tersebut memengaruhi asupan nutrisi dan metabolisme tubuh.

Stres

Gangguan makan yang dipicu oleh stres dapat menghambat penambahan berat badan. Stres bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah keluarga hingga pekerjaan.

Baca  Studi Ungkap Manusia Butuh Pelukan Hingga 12 Kali Sehari

Selain faktor-faktor di atas, kesulitan menambah berat badan juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, kecanduan alkohol, atau penggunaan narkoba.

Menghadapi masalah berat badan yang tidak kunjung naik meskipun sudah makan banyak bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan memahami penyebabnya, kamu bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button