Ragam

Panduan Mengisi Portofolio Bagi Siswa Daftar SNBP 2024

Ilustrasi siswa daftar SNBP 2024 (Foto: Unsplash)

Editorialkaltim.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mengumumkan bahwa siswa yang mendaftar pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024, khususnya pada program studi bidang seni dan olahraga, diwajibkan untuk mengunggah portofolio sebagai bagian dari proses seleksi.

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Ganefri, menegaskan pentingnya pengunggahan portofolio yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh panitia.

Untuk membantu siswa dalam menyusun dan mengunggah portofolio, Ganefri mengarahkan para calon peserta SNBP 2024 untuk mendownload petunjuk penyusunan di situs https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Baca  Kebab Kotaraja: Sajikan Fastfood Beraroma Lokal yang Kian Digemari di Kaltim

Informasi lebih lanjut mengenai portofolio bidang Seni Budaya dan Olahraga SNBP-SNBT 2024 menekankan bahwa ketidaksesuaian dengan template yang disediakan bisa berujung pada diskualifikasi peserta.

Ketentuan Umum Portofolio SNBP 2024:

  1. Setiap peserta hanya diperkenankan mengunggah satu jenis portofolio yang sesuai dengan ketentuan program studi atau jurusan di perguruan tinggi negeri (PTN) pilihan mereka.
  2. Peserta yang memilih dua program studi atau jurusan berbeda harus mengunggah satu jenis portofolio untuk masing-masing pilihan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Pengisian data keterampilan motorik diwajibkan untuk diisi oleh guru Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan atau kepala sekolah apabila tidak ada guru yang relevan, lengkap dengan tanda tangan.
  4. Pengisian data prestasi dibatasi hingga tiga prestasi terbaik yang relevan dengan jurusan pilihan.
  5. Data kesehatan untuk portofolio olahraga dan seni tari harus lengkap, ditandatangani oleh tenaga kesehatan, dan diberi stempel institusi pemeriksa.
  6. Surat pernyataan keaslian karya atau penampilan harus diisi dan ditandatangani oleh peserta untuk menghindari diskualifikasi.
Baca  Matahari Tepat di Atas Ka'bah 15-16 Juli 2024, Waktunya Cek Arah Kiblat

Langkah-langkah Pengunggahan Portofolio:

  • Peserta diwajibkan login ke akun SNPMB mereka dan memilih menu ‘Portofolio’.
  • Instruksi pengunggahan beserta dokumentasi dapat diunduh melalui aplikasi yang tersedia.
  • Portofolio yang telah disiapkan harus diunggah sesuai dengan instruksi, dengan batas maksimal ukuran file sebesar 100 Mb.
  • Setelah pengunggahan berhasil, dokumen portofolio dapat diunduh kembali untuk pengecekan oleh peserta.
  • Penggunaan komputer disarankan untuk proses pengunggahan agar lebih efisien.
Baca  5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Kalimantan Timur Saat Liburan Akhir Tahun

Pengunggahan portofolio yang sesuai dengan aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan adalah langkah penting bagi siswa yang ingin mengikuti SNBP 2024 di bidang seni dan olahraga. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button