Kukar

1.010 Warga Kukar Terima Bantuan Bedah Rumah dari Pemkab

Editorialkaltim.com – Sebanyak 1.010 warga akan mendapatkan bantuan bedah rumah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) pada 2023 ini. Bantuan ini sejalan dengan komitmen Pemkab untuk menanggulangi kemiskinan ekstrim daerah. Saat ini, pemerintah telah melakukan verifikasi data penerima bantuan melalui aplikasi Rumah Besar Penanggulangan Kemiskinan (RPBK).

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kukar, Maman Setiawan menyebut, komitmen pemerintah dalam program ini akan menyasar ke 20 kecamatan. Pengerjaan fisik sendiri telah dilakukan pada Maret 2023. Dengan pagu Rp60 Miliar, 1.010 warga akan mendapatkan bedah rumah berdasarkan indikator kemiskinan dari Pemkab Kukar.

Baca  Persembahan Gelar Kebangsawaan Kesultanan Kukar kepada 44 Individu Berjasa

“Jadi mereka akan mendapatkan bedah rumah yang menyesuaikan standar rumah layak huni. Seperti lantai, dinding, atap hingga luas bangunan rumah,” ucap Maman beberapa saat lalu.

Syarat mendapatkab bantuan bedah rumah ini adalah milik sendiri dan memiliki indikator kemiskinan yang telah ditetapkan. Satu unit rumah akan memiliki modal Rp50 Juta untuk pembedahan. Terbagi untuk 85% material dan 15% untuk upah pengerjaan. Untuk pengerjaan sendiri akan dilakukan secara gotong royong antar Pemkab Kukar, Kodim 0906/KKR, perusahaan dan masyarakat.

Baca  Festival Cenil Koba 3: Mendorong Pemulihan Ekonomi Paska Pandemi Covid-19

“Perusahaan juga akan membantu penambahan kuota. Kami optimis dengan kerjasama ini pengerjaan akan berlangsung dengan cepat dan serentak,” tutupnya.

[TRI | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button