Kukar

Pemkab Bangun Lima PAMSIMAS untuk Akses Air Bersih

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Kutai Kartanegara telah menyelesaikan pembangunan lima Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) pada tahun 2022. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Kutai Kartanegara telah menyelesaikan pembangunan lima Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) pada tahun 2022.

“Lima PAMSIMAS ini dibangun di beberapa titik strategis,” kata Supriyadi Agus, Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan Disperkim Kukar.

PAMSIMAS tersebut dibangun di Dusun Loa Gagak Kecamatan Loa Kulu, Desa Lamin Telihan Kecamatan Kenohan, dan Desa Jembayan Dalam Kecamatan Loa Kulu. Selain itu, ada juga di Desa Kelekat di Kecamatan Kembang Janggut dan Desa Batuq di Kecamatan Muara Muntai.

Baca  Desa Kersik Melakukan Transformasi Digital, Tingkatkan Pelayanan Publik

Agus mengungkapkan, pembangunan setiap PAMSIMAS memerlukan anggaran kurang lebih Rp400 juta. Jadi, totalnya pemerintah telah mengalokasikan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp2 miliar untuk proyek ini.

“Pembangunannya menggunakan tandon, pipa, dan pompa,” jelas Agus.

Agus menambahkan, PAMSIMAS merupakan solusi bagi desa dan dusun yang sulit mendapatkan air bersih, terutama di daerah-daerah yang jangkauan PDAM belum mencakup.

Baca  Dinas PU Kukar Anggarkan Rp17 Miliar untuk Perbaikan Jalan Poros Teluk Muda

“Pemerintah menyasar desa dan dusun yang sulit mendapatkan air bersih,” ungkapnya.

Masyarakat di area-area tersebut sebelumnya harus mengolah air dari lingkungan sekitar untuk mendapatkan air bersih. Namun, dengan adanya PAMSIMAS, akses masyarakat terhadap air bersih menjadi lebih mudah.

“Warga tak perlu khawatir lagi, sudah ada air bersih dari PAMSIMAS,” tutup Agus. (lin/adv)

Related Articles

Back to top button