BalikpapanKaltimSamarindaZona Kampus

10 Kampus Terbaik di Kaltim Versi Webometrics, Mayoritas Ada di Samarinda

Gedung Rektorat Universitas Mulawarman (Foto: Humas Unmul)

Editorialkaltim.com – Lembaga pemeringkatan dunia Webometrics baru-baru ini mengumumkan peringkat universitas di Indonesia edisi terbaru Juli 2023, dan sepuluh kampus terbaik di Kaltim pun telah ditentukan.

Puncak peringkat di Kaltim masih dikuasai oleh Universitas Mulawarman dengan posisi nasional 51. Prestasi tersebut menegaskan posisi Unmul sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Di peringkat kedua, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda dengan peringkat nasional 192. Sementara itu, Institut Teknologi Kalimantan menempati posisi ketiga dengan peringkat nasional 227.

Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur juga menunjukkan prestasi gemilang dengan meraih peringkat nasional 280. Disusul oleh STIKES Mutiara Mahakam di peringkat kelima dengan peringkat nasional 321, serta Poltekkes Kalimantan Timur di posisi keenam dengan peringkat nasional 327.

Baca  Calon Wakil Gubernur Kaltim Adu Gagasan Kebudayaan di Universitas Mulawarman

Peringkat ketujuh ditempati oleh Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dengan peringkat nasional 370. Sedangkan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda berhasil menempati posisi kedelapan dengan peringkat nasional 410.

Universitas Balikpapan menyusul di peringkat kesembilan dengan peringkat nasional 425, dan STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda menutup daftar sepuluh kampus terbaik di Kaltim dengan peringkat nasional 450.

Webometrics menggunakan beberapa indikator untuk menilai pemeringkatan tersebut. Pertama, visibilitas dengan bobot 50 persen, ini merupakan jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web milik perguruan tinggi (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum).

Baca  BRIDA Kukar dan Unmul Kolaborasi dalam Penanggulangan Kemiskinan

Indikator Visibilitas ini dapat dijadikan indikator kinerja global suatu universitas dengan mempertimbangkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestise internasional, hingga hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi hingga universitas. 

Kedua, transparansi atau keterbukaan dengan bobot 10 persen yang mencakup jumlah kutipan dari penulis teratas berdasarkan Google Scholar Profiles.

Ketiga, keunggulan atau keilmuan dengan bobot 40 persen yang mempertimbangkan jumlah artikel publikasi ilmiah yang paling banyak dikutip di antara 10 persen teratas dari 27 disiplin ilmu berdasarkan Scimago.

Perlu diketahui, Webometrics Ranking of World Universities merupakan hasil inisiasi dari Cybermetrics Lab, kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), yang merupakan badan riset publik terbesar di Spanyol.

Baca  UINSI Tuan Rumah BUAF Ke-8, 300 Mahasiswa Siap Unjuk Gigi Karya Ilmiah

Sebagai salah satu organisasi penelitian dasar pertama di Eropa, CSIC pada tahun 2006 telah memiliki 126 pusat dan institut yang tersebar di seluruh Spanyol.

Dengan demikian, pemeringkatan Webometrics telah menjadi acuan penting dalam mengevaluasi kualitas dan reputasi perguruan tinggi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia dan wilayah Kaltim. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button