Penajam Paser Utara

Roman Rading Desak Realisasi Cepat Bendung Gerak Sungai Telake

Anggota DPRD Penajam Paser Utara (PPU), Roman Rading

Editorialkaltim.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU), Roman Rading, mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera merealisasikan pembangunan Bendung Gerak Sungai Telake di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser. Seruan ini datang karena kebutuhan mendesak akan infrastruktur irigasi yang layak untuk mendukung pertanian lokal di Kabupaten Paser dan PPU.

Rading menyoroti lamanya antisipasi para petani lokal terhadap infrastruktur vital ini yang belum juga terealisasi. Ia menekankan peran penting bendungan dalam mewujudkan visi menjadikan PPU sebagai sumber pangan utama untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan datang.

Baca  Jhon Kenedi Dukung Kebijakan Pembayaran Non Tunai di Pelabuhan Benuo Taka

“Ketiadaan Bendung Sungai Telake sangat menghambat potensi kami untuk menjadi penyuplai beras utama ke IKN. Lahan pertanian kami selama ini hanya bergantung pada air hujan yang tidak bisa diandalkan untuk praktik pertanian yang konsisten,” jelas Rading.

Perencanaan untuk Bendung Sungai Telake telah bergerak maju ke tahapan pembebasan lahan pada tahun 2020, melibatkan berbagai pemangku kepentingan termasuk pemerintah provinsi Kalimantan Timur, kabupaten Paser dan PPU, serta Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV. Meskipun telah disiapkan anggaran yang besar dan dimulai proses tender pada Januari 2021, proyek tersebut mengalami hambatan tak terduga karena dana dialihkan untuk pembangunan Intake Sungai Sepaku di kawasan IKN, Kecamatan Sepaku, PPU, sehingga tender pembangunan bendungan dibatalkan.

Baca  Inisiatif Dinkes PPU, Menyongsong Hari Kesehatan Nasional ke-60

Seruan Rading menggarisbawahi urgensi untuk mengkaji kembali dan memprioritaskan konstruksi bendungan untuk memastikan bahwa PPU dapat memenuhi potensinya sebagai kontributor penting terhadap strategi keamanan pangan nasional, khususnya dalam menghadapi pengembangan IKN. (Roro/adv)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker