NasionalTokoh

Profil Rachmat Pambudy Guru Besar IPB jadi Menteri PPN/Kepala Bappenas

Presiden Prabowo Subianto resmi menunjuk Rachmat Pambudy sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas untuk periode 2024-2029 (Foto: Antara/Aprilio Akbar)

Editorialkaltim.com – Presiden Prabowo Subianto resmi menunjuk Rachmat Pambudy sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas untuk periode 2024-2029.

Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (21/10/2024).

Rachmat Pambudy, yang lahir di Yogyakarta pada 23 Desember 1956, adalah seorang akademisi dengan latar belakang kuat di bidang agribisnis.

Ia menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan kemudian meraih gelar magister di bidang Komunikasi Pembangunan dari almamater yang sama.

Baca  KPK Cegah Mantan Gubernur Kaltim Bepergian ke Luar Negeri, Terkait Korupsi IUP

Pada tahun 1999, ia menyelesaikan gelar doktor dalam bidang Penyuluhan Pembangunan juga dari IPB.

Sebagai akademisi, Rachmat telah lama mengabdi di IPB sebagai dosen terakreditasi dan Guru Besar di bidang Kewirausahaan.

Ia juga berperan sebagai peneliti di Pusat Studi Pembangunan Lembaga Penelitian IPB serta di Jonggol Animal Science Teaching and Research Unit (JASTRU). Pada tahun 1988, ia mendirikan Unit for Socio and Economic Study and Evaluation (USESE) Foundation untuk mendukung penelitian di sektor agribisnis.

Baca  PP Kontrasepsi Remaja Picu Polemik, Muhammadiyah Sebut Bertentangan dengan UU Perkawinan!

Kiprah Rachmat di dunia pemerintahan dimulai pada tahun 2004, ketika ia menjabat sebagai pejabat struktural di Kementerian Pertanian di bawah kepemimpinan Menteri Pertanian Bungaran Saragih.

Di samping itu, ia juga aktif di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) bersama Prabowo Subianto, dan pada tahun 2015 diangkat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina HKTI.

Pada tahun 2016, Rachmat mendirikan dan menjadi Dewan Pakar di LSM Komite Pemantauan dan Pengawasan Pertanian Indonesia (KP3I), yang fokus pada pengawasan sektor pertanian di Indonesia.

Baca  Ketua MUI Sebut Kalau Ada Presiden Punya Program Beri Makan Rakyat Itu Program Tuhan

Di dunia korporasi, ia menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Nusantara Sawit Sejahtera (NSS) Tbk sejak 2018, salah satu perusahaan sawit terkemuka di Indonesia yang beroperasi di Kalimantan Tengah.(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button