BerauKaltim

Sambaliung Berau Rayakan Abutta Banua ke-22, Padukan Kultur dan Ekonomi Lokal

Kelurahan Sambaliung, Berau, kembali menggelar perayaan Abutta Banua yang menandai hari jadi yang ke-22, sekaligus merayakan HUT ke-4 PKL Basuli (Foto: Prokopim Berau)

Editorialkaltim.com – Kelurahan Sambaliung, Berau, kembali menggelar perayaan Abutta Banua yang menandai hari jadi yang ke-22, sekaligus merayakan HUT ke-4 PKL Basuli. Acara ini berlangsung meriah di depan Keraton Kesultanan Sambaliung pada Sabtu (5/10/2024), dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Berau, Hendratno.

Perayaan ini dijadwalkan berlangsung selama tujuh hari dengan berbagai kegiatan yang meliputi lomba-lomba bertema kedaerahan, senam bersama, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Baca  Pemprov Kaltim Diminta Perkuat Sektor Pertanian Kubar dan Mahulu

Hendratno menekankan pentingnya peringatan Abutta Banua Sambaliung sebagai momen evaluasi dan pelestarian budaya.

“Ini adalah kesempatan untuk mempertahankan kearifan lokal serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui kegiatan PKL Basuli,” ujarnya.

Lurah Sambaliung, Iskandar Zulkarnain, menambahkan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai peringatan hari jadi kelurahan, tetapi juga sebagai sarana untuk memelihara adat istiadat, meningkatkan ekonomi, dan mempererat silaturahmi antarmasyarakat.

Baca  Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah Kabupaten/Kota se-Kaltim Tahun 2023

“Kita ingin menghidupkan kembali adat Banua yang kaya, serta memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengangkat kebudayaan kita,” jelas Iskandar.

Selain menampilkan tarian khas Berau, acara ini juga melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di area wisata kuliner Tepian Sambaliung, yang diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat.

“Harapan kami, masyarakat dapat menikmati rangkaian acara ini dan pelaku UMKM mampu meningkatkan pendapatan mereka,” tutup Lurah Sambaliung.(ndi)

Baca  Presiden Jokowi Pastikan Master Plan RSUD dr. Abdul Rivai Berau Terlaksana

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button