KaltimMahakam Ulu

Revitalisasi Infrastruktur Mahulu, Pemkab & ITN Malang Gagas Rencana Ambisius di Seminar Nasional

Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh (Foto: Prokopim Mahulu)

Editorialkaltim.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) bersinergi dengan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, menggelar Laporan Akhir Penyusunan Rencana Tata Ruang (RTR) pada Kamis (19/09/2024).

Acara yang berlangsung di Hotel Ibis Samarinda ini menunjukkan langkah penting dalam pengembangan infrastruktur, pemutakhiran peta tutupan lahan, serta perencanaan tata ruang objek wisata Mappinh Tourism Geopark dan Conservation.

Baca  Sapto Nilai Saatnya Kaltim Perluas Sayap dalam Dunia Investasi

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh, yang membuka acara tersebut, menekankan pentingnya perencanaan yang matang dalam penyusunan RTR untuk menghindari berbagai tantangan pembangunan.

“Pembangunan infrastruktur yang terencana dengan baik tidak hanya akan meningkatkan aksesibilitas tetapi juga pertumbuhan ekonomi lokal dan kualitas hidup masyarakat,” kata Bonifasius.

“Tanpa perencanaan yang baik, kita dapat menghadapi kerusakan lingkungan, konflik lahan, dan ketidakmerataan pembangunan,” tambah Bonifasius.

Baca  Pendaftaran Ditutup! Pilgub Kaltim 2024 Diikuti 2 Pasang Calon, Ini Rekam Jejaknya

Hadir dalam acara tersebut, Kadis DPUPR Mahulu, Didik Subagya, serta Ketua Tim dari ITN Malang, Ibnu Sasongko.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Mahulu, yang turut serta mendukung dan memberikan masukan dalam penyusunan RTR yang efektif.

Dalam presentasi laporannya, Ibnu Sasongko memaparkan tentang pentingnya pemutakhiran peta tutupan lahan yang akurat sebagai bagian dari strategi tata ruang yang komprehensif.

Baca  Optimalkan Pengawasan Konstruksi, Mahulu Gelar Sosialisasi Peraturan PUPR

“Kami mengintegrasikan teknologi terbaru dalam pemetaan dan analisis data untuk memastikan bahwa setiap aspek geografis, sosial, dan ekonomi di Mahulu dapat dikelola dengan lebih efektif,” kata Ibnu.(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button