Nasional

PDIP Jabar Tuding Mulyono Bikin Anies Baswedan Tak Diusung

Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono (Foto: Dok Istimewa)

Editorialkaltim.com – Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono, menjelaskan alasan pembatalan pencalonan Anies Baswedan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Menurut Ono, ada faktor penghalang yang membuat Anies tidak mendapat restu dari partainya untuk maju dalam kontestasi tersebut.

“Anies ini memang menjadi opsi bagi PDI Perjuangan,” ucap Ono dalam konferensi pers yang berlangsung di Bandung pada dini hari tadi, Jumat (30/9/2024).

Diungkapkan oleh Ono, telah terjadi komunikasi intensif antara PDI Perjuangan dan Anies sejak Rabu (28/9/2024). Komunikasi ini berlangsung hingga Kamis sore, namun upaya pengusungan Anies terhenti karena adanya hambatan signifikan.

Baca  Suara PSI Meroket di Sirekap, KPU Sebut Tak Ada Penggelembungan

“Kami menghadapi sebuah tantangan yang sangat besar, ada pihak-pihak yang tidak setuju jika Pak Anies diusung oleh PDI Perjuangan,” terang Ono.

Lebih lanjut, ia menyebut Anies sebagai sosok yang dianggap ideal untuk memimpin Jawa Barat, mengingat prestasinya memimpin Jakarta dan asal usulnya dari Kuningan, Jawa Barat.

Namun, kendati berbagai pertimbangan positif tersebut, masih ada kekuatan-kekuatan besar yang mendorong penghentian pencalonannya dari pihak PDIP.

Baca  Rugikan Negara Rp27,6 Miliar, KPK Tetapkan 10 Tersangka Korupsi Tunjangan Kinerja di Kementerian ESDM

“Pada akhirnya, Pak Anies tidak jadi diusung oleh PDI Perjuangan,” pungkas Ono.

Dia pun sempat menyebut nama ‘Mulyono’ yang menurutnya menjadi biang kerok gagalnya PDIP mengusung Anies Baswedan.

“Kekuatan yang sangat besar itu yang pada akhirnya membuat Pak Anies tidak jadi diusung. Mulyono dan geng,” tutur Ono.

Sebelumnya, dalam suatu pernyataan yang cukup mengejutkan, Sahrin Hamid, Juru bicara Anies Baswedan, mengonfirmasi Anies tidak akan maju di Pilgub Jabar 2024. Hal ini disampaikan saat jam-jam akhir pendaftaran Pilgub pada Kamis (29/8/2024) malam.

Baca  Resmi Terpilih, Gibran Bakal 'Belanja Masalah' hingga Pelantikan Presiden 2024

“Anies tidak maju di Jabar,” ujar Sahrin, yang juga mengatakan Anies memang telah menerima tawaran dari sebuah partai politik untuk maju sebagai calon gubernur.

“Betul ada permintaan secara khusus dari salah satu partai politik. Meminta Pak Anies Baswedan maju di Pilgub Jawa Barat,” tuturnya.(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button