Kutim

Pengembangan Sektor Pariwisata di Kutai Timur sebagai Kunci Penghasilan Daerah

Ketua DPRD Kutai Timur, Joni. (ist)

Editorialkaltim.com – Sektor pariwisata menjadi salah satu daya tarik yang harus dikembangkan pemerintah secara maksimal, terutama karena Kutai Timur yang juga merupakan bagian dari IKN sangat menuntut kemajuan dalam keindahan pariwisatanya. Ini bertujuan untuk mengekspor keindahan alam Kutai Timur yang juga berpotensi mengundang minat investor luar di bidang pariwisata.

Ketua DPRD Kutai Timur, Joni S.Sos, sangat mendorong pemerintah untuk mengoptimalkan penghasilan daerah melalui sektor pariwisata. “Saat ini belum terlihat yah karena bagian pariwisata kita belum signifikan menyumbang banyak untuk APBD yang masih kita bahas ini paling parkirnya doang kan tapi itupun tidak resmi,” kata Joni di kantor DPRD Kutim pada Senin Siang, (05/08/2024).

Baca  Ramadhani dari DPRD Kutim Dorong Pembangunan Perpustakaan Modern Ramah Anak dan Lingkungan

Menurut Joni, potensi pariwisata di Kutai Timur ini banyak yang memumpuni, hanya sisa mengeksplornya saja namun itu akan dilakukan bertahap hingga nantinya bisa memberikan dampak yang signifikan. “Kalau potensi pariwisata kita kan banyak cuman kan belum terkondisi semua contohnya fasilitasnya nah itu kalau mau di hasilkan yah pemerintah harus bangun dulu kan baru orang bisa datang,” ungkap Joni.

Baca  Kasmidi Bulang Dorong Pembinaan Atlet Lokal: "Masa Depan Kontingen Kutim Wajib Gunakan Atlet Lokal"

Joni menyebutkan saat ini di Kutai Timur masih keindahan alam alami saja yang terpancar, belum menyentuh pada ranah yang bisa direfleksikan menjadi tempat pariwisata sesungguhnya. “Sekarang kan wisata kita wisata alam saja kan masih belum tertata baguslah masih alami jadi bagaimana kita bisa menarik pendapatan dari situ,” tutur Joni.

Lebih lanjut, Joni berharap agar pemerintah bisa memaksimalkan potensi itu dan menjadikan Kutai Timur sebagai kawasan yang berpenghasilan tinggi dari sisi pariwisata. “Langkahnya yah wisatanya harus kita bagusi dulu, pelan-pelan lah kita bangun apalagi kan dengan adanya kita tuan rumah IKN kan paling tidak nanti kita wisatanya kita eksplor keindahannya,” pungkasnya.

Baca  Bergerak Cepat, Akbar Tanjung Perjuangkan Listrik dan Peningkatan Jalan di Desa Mulupan

(shn/adv)

Related Articles

Back to top button