Samarinda

Sukses Selenggarakan SISPAMKOTA Kapolresta Samarinda Sebut Kesiapan Menyongsong Pilkada 2024

Simulasi pengamanan Pemilihan Kepala Daerah 2024. (Editorialkaltim/Adryan)

Editorialkaltim.com – Gelaran Sistem Pengamanan dalam Kota (SISPAMKOTA) dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah serentak 2024 berlangsung dengan lancar di Bandara Temindung Samarinda, Jumat (12/7/2024). Kegiatan ini dihadiri berbagai instansi terkait, mulai dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan pemerintah daerah.

Kapolresta Samarinda, Ary Fadli, menyatakan SISPAMKOTA adalah agenda Polda Kaltim dalam rangka mengamankan Pilkada serentak 2024. Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan latihan bagi para personel yang akan bertugas mengamankan Pilkada.

Baca  Asistensi RKA Perubahan SKPD TA 2024 Tekankan Penyesuaian Program Prioritas OPD

“Latihan ini kita lakukan dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada serentak tahun 2024. Alhamdulillah, tadi berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan apa yang sudah kita latihkan ini menjadi kesiapsiagaan kita antara Polri, TNI, dan stakeholder terkait untuk menunjukkan kami sudah siap untuk mengamankan Pilkada serentak,” imbuh Ary Fadli.

Selanjutnya, Ary Fadli memaparkan beberapa lokasi yang dianggap rawan terjadi kericuhan. Pihak kepolisian telah mengidentifikasi area-area tersebut dan akan menerjunkan personil untuk mengamankan lokasi tersebut.

Baca  Bawaslu Kutai Barat Buka 321 Lowongan Pengawas TPS untuk Pilkada 2024

Kapolresta juga meminta kerja sama masyarakat untuk menjaga kondisi kota Samarinda agar tetap aman dan kondusif selama Pilkada serentak.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondisi kita dan tentunya menjaga wilayah Kalimantan Timur maupun Kota Samarinda ini tetap aman selama perhelatan pesta demokrasi,” papar Ary Fadli.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Kaltim, Nanang Avianto, mengungkapkan kesiapan dari pihaknya sudah jauh-jauh hari dimatangkan. Nanang menyebut pengalaman penyelenggaraan Pemilu sebelumnya telah menjadi pelajaran berharga untuk mempersiapkan Pilkada serentak yang akan datang.

Baca  PPP Pertimbangkan Sandiaga Uno untuk Pilkada Jakarta 2024, Masih Tunggu Waktu

“Tadi teman-teman sudah melihat bagaimana kita bersinergi dengan teman-teman Pemda dan TNI serta stakeholder yang lain. Prinsipnya, kalau semuanya bersatu ini bisa memudahkan,” pungkas Nanang Avianto.(adr/shn)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button