Samarinda

Hari Lahir Pancasila, Abdul Khairin: Refleksi Nilai Pancasila dalam Membangun Negeri Penuh Kebaikan

Anggota Komisi I DPRD Samarinda Abdul Khairin. (istimewa)

Editorialkaltim.com – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda, Abdul Khairin, memberikan pandangannya mengenai peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni. Menurutnya, hari ini harus dijadikan momen refleksi bagi bangsa untuk kembali pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Abdul Khairin mengemukakan Pancasila merupakan pondasi fundamental bangsa Indonesia, yang telah memastikan keutuhan negara hingga saat ini. “Pancasila adalah pondasi besar bangsa,” ujarnya.

Baca  Fuad Sarankan Pemindahan Pasar Ramadan ke Lokasi Strategis

Ia menambahkan, peringatan Hari Lahir Pancasila juga adalah penghormatan kepada perjuangan para pendiri bangsa yang merumuskan Pancasila. Tanpa perjuangan mereka, Pancasila tidak akan ada dan merasuk dalam kehidupan bermasyarakat. “Pancasila dirumuskan para pejuang pendahulu kita, termasuk Sultan Hamid II, Habib/Syarif Abdul Hamid Al Kadrie yang turut serta sebagai kreator Lambang Pancasila yang kita kenal saat ini,” tambahnya.

Baca  Laila Fatihah Ingatkan Masyarakat Untuk Selektif Menjelang Lebaran, Beberapa Bahan Pokok Masih Terbatas

Namun, Abdul Khairin juga menyampaikan keprihatinan terhadap tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini, terutama dalam menjaga dan merawat sumber daya alam yang seharusnya menjadi sumber kesejahteraan rakyat. “Yang kita sedihkan adalah kehidupan berbangsa kita saat ini jauh dari nilai-nilai Pancasila,” katanya.

Dia menekankan semua persoalan bangsa harus diatasi dengan mengembalikan fokus pada Pancasila sebagai pondasi utama. “Setiap persoalan di negara ini harus dikembalikan pada pondasi utama, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, agar negeri yang diharapkan menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur dapat terwujud,” pungkasnya.(adr/shn/adv)

Baca  Dewan Samarinda Bakal Pantau Kinerja Satpol PP

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button