IKNNasional

Anggaran Pembangunan IKN 2024 Ditambah Jadi Rp35,45 Triliun

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Dok Setkab)

Editorialkaltim.com – Pemerintah Indonesia, melalui Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengumumkan peningkatan anggaran untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun 2024 menjadi Rp35,45 triliun, naik dari Rp24 triliun di tahun 2023. Langkah ini merupakan upaya untuk mempercepat pembangunan proyek monumental IKN.

Kenaikan anggaran ini disampaikan Menteri Basuki dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI yang berlangsung pada Senin (1/4/2024).

Menurut Basuki, alokasi anggaran tersebut akan terbagi ke dalam beberapa unit kerja di Kementerian PUPR. Di antaranya adalah Ditjen Sumber Daya Air, Cipta Karya, Bina Marga, dan Perumahan.

Baca  Tiket Penerbangan dan Biaya Relokasi Pegawai Negeri ke IKN Ditanggung Negara

“Dengan tambahan anggaran ini, total dana yang telah dialokasikan untuk pembangunan IKN hingga kini mencapai sekitar Rp60 triliun,” jelas Basuki.

Rincian alokasi anggaran mencakup berbagai proyek penting. Untuk Ditjen Sumber Daya Air, dana akan digunakan untuk pengembangan sistem pengendalian banjir di Daerah Aliran Sungai Sangai, penyempurnaan Bendungan Sepaku Semoi yang saat ini hampir selesai, dan pembangunan embung di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Baca  Menteri PUPR Basuki Pastikan Air Minum IKN Bisa Langsung Diminum

Sementara itu, Ditjen Bina Marga akan menerima sekitar Rp16,67 triliun.

“Untuk membangun infrastruktur jalan, termasuk sumbu kebangsaan di sisi barat dan timur IKN, jalan distrik, serta Jalan Tol IKN dan landasan pacu bandara VVIP IKN,” ungkapnya.

Ditjen Cipta Karya juga tidak ketinggalan, dengan alokasi dana sebesar Rp11,44 triliun yang akan digunakan untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan bangunan pendukung Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), jaringan perpipaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST), serta berbagai proyek infrastruktur vital lainnya.

Baca  Gusdurian Temukan 58 Kasus Pelanggaran Pemilu, Salah Satunya Bansos

Terakhir, Ditjen Perumahan akan mendapatkan dana Rp5,76 triliun yang ditujukan untuk membangun rumah tapak jabatan Menteri dan rumah susun bagi Aparatur Sipil Negara serta Hankam di IKN. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button