Kaltim

DPRD Kaltim Dorong Pertanian Sebagai Sektor Andalan Masa Depan

Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud (Istimewa)

Editorialkaltim.com – Pimpinan DPRD Kalimantan Timur menyuarakan dukungan kuat terhadap pengembangan sektor pertanian sebagai pengganti dominasi sektor Migas (minyak dan gas). Perkembangan ini menjadi semakin relevan dengan rencana perpindahan Ibu Kota Nusantara ke Kalimantan, yang diperkirakan akan meningkatkan jumlah penduduk dan kebutuhan pangan.

Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud, menekankan pentingnya upaya peningkatan ketahanan pangan. Menurutnya, sektor pertanian yang berkelanjutan merupakan solusi jangka panjang untuk memastikan produksi pangan yang stabil dan aman.

Baca  Disnakertrans Kaltim Siap Lakukan Penyesuaian Terhadap Kebijakan Cuti Ayah

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji, mengungkapkan dukungannya terhadap pertanian sebagai primadona ekonomi baru di Kalimantan Timur. Ia menyambut baik langkah Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan wakilnya Rendi Solihin yang telah menetapkan sektor pertanian di Kutai Kartanegara sebagai lumbung pangan Ibu Kota Nusantara.

Sementara itu, Wakil Ketua lainnya, Sigit Wibowo, yang merupakan lulusan fakultas ekonomi Universitas Mulawarman, mengatakan bahwa pertanian Kaltim tidak bisa lagi dikelola secara tradisional. “Kaltim perlu fokus ke sektor pertanian modern,” ujar Sigit, menekankan pentingnya inovasi dan modernisasi dalam sektor pertanian.

Baca  Solidaritas Masyarakat Demokrasi Kalimantan Timur Beraksi Tolak Kotak Kosong di Pilkada

Muhammad Samsun, Wakil Ketua DPRD Kaltim lainnya, menambahkan bahwa para wakil rakyat di Kalimantan Timur mayoritas mendukung pertanian sebagai sektor utama di masa depan. Dengan perkiraan penambahan jumlah penduduk sekitar 2 juta jiwa akibat perpindahan Ibu Kota, Samsun menekankan bahwa Pemprov Kaltim harus fokus menjadikan wilayah ini sebagai lumbung pangan.

Samsun juga menyatakan bahwa keinginan ini harus direalisasikan melalui komitmen yang kuat dan alokasi anggaran yang memadai. “Kami harap Pemprov Kaltim dapat memanfaatkan peluang ini untuk hadirkan pemenuhan pangan yang mandiri dan berkualitas,” ujarnya. Ia juga berharap sektor pertanian dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian daerah.(lin/adv)

Baca  Mia GK Rilis Lagu All Because of Love, Ajak Pendengarnya Jaga Hubungan yang Harmonis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button